SOLOPOS.COM - Atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023 Kamboja berfoto bersama di depan Istana Merdeka Jakarta seusai penyerahan bonus atlet oleh Presiden Joko Widodo, Senin (3/7/2023). (Istimewa/NPC Indonesia).

Solopos.com, SOLO–Peraih tujuh medali emas ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Maulana Rifky Yavianda, sangat bangga dan bersyukur mendapat apresiasi dari pemerintah.

Terlebih, apresiasi berupa bonus itu setara atau sama dengan nilai bonus yang diberikan kepada atlet peraih medali ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Atlet pararenang asal Jawa Timur itu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus kepada para atlet peraih medali di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Pemerintah memberikan bonus kepada atlet peraih medali ASEAN Para Games 2023 Kamboja yang berlangsung 3-9 Juni 2023 lalu total senilai Rp320,5 miliar dengan perincian peraih medali emas memperoleh Rp525 juta, medali perak Rp315 juta, dan medali perunggu Rp157,5 juta.

Dengan demikian Maulana Rifky Yavianda menerima bonus yang besar. Berdasar kalkulasi, atlet renang penyandang disabilitas andalan Indonesia itu memperoleh bonus total senilai Rp3,675 miliar.

“Alhamdulillah, terima kasih apresiasi dari pemerintah kepada atlet NPC [National Paralympic Committee] Indonesia karena bonusnya telah disamakan dengan atlet non-disabilitas. Terima kasih sebanyak banyaknya, semoga bonus ini bisa bermanfaat bagi saya dan atlet NPC Indonesia,” kata Maulana Rifky dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin.

Rifky berjanji akan menjalankan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memanfaatkan bonus tersebut dengan baik.

“Bonus ini akan saya tabung supaya hidup saya bisa lebih tenang di hari tua nanti,” ulas Rifky.

Dalam ASEAN Para Games 2023 Kamboja, atlet para-renang kelahiran 10 November 2002 itu sukses meraih tujuh emas dari nomor 4 x 100m gaya ganti estafet putra, 50 m gaya dada putra S12, dan 100 m gaya bebas putra S12

Selain itu nomor 100 m gaya punggung putra S12, 100 m gaya kupu-kupu Putra S12, 50 m gaya bebas putra S12, dan 4 x 100m gaya bebas estafet putra.

Sementara itu, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun memuji pemerintah Indonesia atas penyetaraan nilai bonus ini.

“Presiden Jokowi sangat luar biasa karena berani menyetarakan bonus bagi atlet disabilitas dengan non-disabilitas. Saya berharap bonus ini akan semakin memacu semangat atlet dalam latihan. Apalagi dalam tiga bulan ke depan akan tampil di Asian Para Games 2023 di Tiongkok,” kata Senny Marbun.

Apresiasi bonus dari pemerintah disambut baik oleh Chef de Mission ASEAN Para Games 2023 Andi Herman.

“Bonus ini merupakan sebuah kejutan. Harapan utama para atlet yaitu kibarkan bendera Merah Putih di tiang tertinggi setiap pertandingan” cetus Andi Herman.

Pemberian bonus ini diharapkan bisa meningkatkan semangat atlet disabilitas Indonesia dalam berlatih menuju Asian Para Games yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok pada 22-28 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya