SOLOPOS.COM - Cristano Ronaldo dengan jersey Al Nassr dengan ilustrasi rupiah. (Instagram/alnassr_fc-Freepik)

Solopos.com, SOLOJersey atau kostum menjadi bagian penting bagi tim sepak bola, berikut ulasan tentang jersey termahal di dunia.

Jersey adalah sarana yang paling jelas untuk mengidentifikasi tim. Setiap tim memiliki desain dan warna jersey yang unik, sehingga para pemain, wasit, dan penonton dapat dengan mudah membedakan tim yang sedang bertanding.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Jersey juga membantu mengidentifikasi pemain secara individu. Setiap pemain memiliki nomor punggung yang tercetak di jersey mereka, sehingga penonton dan ofisial pertandingan dapat mengenali pemain dengan mudah. Ini juga membantu penggemar untuk mendukung pemain favorit mereka.

Lantas jersey siapa yang tercatat sebagai jersey termahal dunia? Sebelum membahasnya, Solopos.com memberi informasi terlebih dahulu bahwa jersey dapat menjadi media promosi sponsor.

Jersey sering kali mencantumkan logo, nama, dan sponsor klub sepak bola. Hal ini membantu dalam promosi klub dan sponsor, serta membangun kesadaran merek. Seiring waktu, jersey dapat menjadi lambang identitas klub yang ikonik.

Sudah tentu jersey sepak bola dirancang untuk memberikan kenyamanan dan fungsionalitas bagi pemain. Bahkan, jersey biasanya dirancang dengan kemampuan “bernapas”, sehingga pemain tidak kepanasan selama pertandingan.

Tim sepak bola membuat desain jersey dengan sedemikian rupa agar terlihat modis dan memuaskan para fans. Jersey sepak bola dibuat bukan hanya untuk menghiasi tubuh para pemain. Ada juga jersey yang dibeli koleksi karena bernilai barang bersejarah.

Memiliki harga yang tinggi, jersey bekas para pemain bola ternama ini berhasil terjual dengan harga yang fantastis di pelelangan. Jersey-jersey itu lalu tercatat sebagai jersey termahal di dunia.

Berikut lima jersey legenda sepak bola termahal di dunia dilansir parboaboa.com, Rabu (30/8/2023).

1. Jersey terakhir milik Zinedine Zidane di Madrid

Sebagai legenda sepak bola dunia, sudah sepantasnya barang yang dipakai Zidane di atas lapangan menjadi benda yang dinilai bersejarah. Inilah yang terjadi pada jersey terakhir yang ia gunakan sebagai pemain Real Madrid sebelum akhirnya memutuskan pensiun.

Dalam sebuah pelelangan, jersey milik gelandang keturunan Aljazair-Perancis ini terjual nyaris 5.000 poundsterling atau lebih dari Rp93 juta saat itu.

2. Jersey Santos milik Pele

Jersey termalah di dunia selanjutnya adalah jersey legenda sepak bola Pele saat bermain untuk Santos. Setelah 18 musim mengenakan segaram Santos, banyak hal yang diciptakan oleh sang legenda sepak bola Brasil ini.

Ia berhasil mencetak 618 gol dari 632 pertandingan sebelum akhirnya pindah ke klub asal Amerika, New York Cosmos. Jersey Santos bersejarah yang digunakan Pele terjual dengan harga 6.000 pounds atau sekitar Rp 112 juta ketika itu.

3. Jersey away timnas Brasil milik Pele

Jersey termalah di dunia berikutnya masih milik Pele, tetapi yang jersey away timnas Brasil. Jersey away timnas Brasil milik Pele berhasil terjual dengan harga fantastis.

Jersey yang pada tahun 2014 kembali diproduksi dengan varian baru ini terjual seharga 13.000 poundsterling atau lebih dari Rp243 juta dengan cara lelang.

4. Jersey Sir Geoff Hurst final Piala Dunia 1966

Jersey termahal di dunia lainnya adalah milik Sir Geoff Hurst. Pada 1966, timnas Inggris berhasil meraih kemenangan telak atas Jerman Barat dengan skor 4-2 di laga final Piala Dunia.

Pada hari itu juga legenda mereka, Sir Geoff Hurst, mencetak hattrick untuk mengamankan kemenangan Inggris. Lalu, jersey bersejarah tersebut pun dibeli oleh seorang kolektor dengan nilai 91.750 poundsterling atau setara Rp1 miliar.

5. Jersey Pele final Piala Dunia 1970

Jersey termahal di dunia berikutnya masih jersey milik Pele. Jersey yang ia gunakan pada final Piala Dunia 1970 memecahkan rekor sebagai jersey termahal di dunia dengan nilai lebih dari 150.000 pounds atau sekitar Rp2 miliar saat pelelangan.

Pada pertandingan tersebut, Pele memang cukup bersinar dan berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-18 pertandingan untuk membawa Brasil juara Piala Dunia.

Itulah jersey termahal di dunia yang perlu diketahui bola mania.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya