SOLOPOS.COM - Lionel Messi bersama trofi Ballon d’Or 2023 pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB. (Twitter Ballondor)

Solopos.com, JAKARTA–Setelah mendapatkan Ballon d’Or kedelapan, rekor megabintang Lionel Messi semakin tak terkejar.

Rekor-rekor yang diciptakan La Pulga nyaris mustahil dipecahkan pemain mana pun saat ini. Apalagi dia masih aktif berlaga.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Rekor terbaru, Lionel Messi mengukir sejarah sebagai pemain yang mendapatkan Ballon d’Or terbanyak yakni delapan seusai menerima penghargaan itu pada edisi tahun ini.

Messi yang saat ini memperkuat klub Amerika Serikat Inter Miami itu menerimanya pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB.

Sebelumnya, dia menang Ballon d’Or pada 2009, 2010, 2011, 2015, 2016, 2019, dan 2021.

Bahkan, Guiness World Records mencatatnya sebagai Pemain Terbaik Dunia seusai memenangkan penghargaan prestius dari Majalah France Football itu.

Dikutip Solopos.com dari BBC Sports melalui laman bbc.com, Kamis (2/11/2023), Messi sampai saat ini belum berhenti mencetak rekor yang semakin mempertegas dialah sang pemain terbaik dunia.

Pada Desember 2022 lalu, Messi mengantar Argentina menjadi juara Piala Dunia di Qatar dan menutup 20 tahun kariernya di La Liga bersama Barcelona sebelum bergabung dengan Inter Miami di Amerika Serikat pada Juli lalu.

Di usianya yang sudah menginjak 36 tahun, Messi pun masih dapat terus bersinar dan berpotensi menambah panjang daftar capaiannya, baik bagi klub maupun negaranya.

Berikut daftar rekor Messi sepanjang kariernya yang sulit dipecahkan:

1. Peraih Ballon d’Or terbanyak (8 trofi)

Rekor ini baru saja diciptakan setelah menerima Ballon d’Or 2023, belum lama ini. Rekor kapten Argentina saat mendapatkan Ballon d’Or ketujuh saja sudah menempatkannya sebagai pemain sepak bola peraih penghargaan dari Majalah France Sports terbanyak dan sudah sulit dipecahkan pemain manapun.

Ballon d’Or kedelapan kian mempertegas rekor Messi ini nyaris mustahil dipecahkan siapapun dalam tempo yang lama.

Rival abadinya, Cristiano Ronaldo saja tercatat memperoleh lima Ballon d’Or. Pada penghargaan tahun ini namanya absen di nominasi penerima Ballon d’Or.

Itu menunjukkan prestasi Ronaldo sudah tak mentereng lagi seperti dulu sehingga sulit menyalip prestasi Messi. Terlebih, usianya juga sudah 37 tahun yang membuatnya sulit bersaing dengan pemain muda untuk urusan mencetak pencapaian tinggi bersama timnya saat ini, Al Nassr.

Selain Ronaldo, pemenang Ballon d’Or lainnya yang masih aktif berlaga hanya gelandang tengah Real Madrid, Luka Modric dan penyerang timnas Prancis, Karim Benzema.

Mengingat Modric dan Benzema kini sudah memasuki usia kepala tiga, peluang mereka untuk mengalahkan rekor Messi nyaris mustahil.

Dari jajaran pemain muda, sejumlah nama mencuat dengan berbagai prestasinya, mulai dari penyerang Manchester City Erling Haaland hingga gelandang tengah Real Madrid, Jude Bellingham.

Ada pula nama-nama seperti Vinicius Jr dari Real Madrid dan penyerang Bayern Munich, Harry Kane.

Mereka sebenarnya masih punya kesempatan besar masuk jajaran pemenang Ballon d’Or, tapi langkah mereka dianggap masih sangat jauh, bahkan hanya untuk mendekati rekor Messi.

2. Gol terbanyak dalam satu musim La Liga/Liga Spanyol (50 gol)

Rekor Messi selanjutnya yang bakal sulit dipecahkan pemain manapun adalah gol terbanyak dalam satu musim Liga Spanyol.

Messi saat ini memegang rekor gol terbanyak dalam satu musim La Liga atau Liga Spanyol, yaitu 50 gol. Sangat sulit untuk memprediksi kapan skor ini bisa dikalahkan.

Sebab, cetakan 50 gol Messi dalam 37 pertandingan La Liga pada musim 2011-2012 bukan hanya rekor dalam turnamen itu, tapi juga rekor bagi seluruh liga top dunia sejak Liga Premier bergulir pada 1992-1993.

Sejak La Liga berlangsung pada 1929, hanya tiga pemain yang dapat mencapai 40 gol, yaitu Messi, Ronaldo, dan Luis Suarez.

Namun, hanya Messi yang dapat menjebol gawang lawan hingga 50 kali dalam satu musim La Liga.

3. Gol terbanyak di seluruh kompetisi dalam satu musim (73 gol)

Rekor Messi lainnya yang bakal sulit dipecahkan pemain manapun yakni gol terbanyak di seluruh kompetisi dalam semusim.

Pada musim 2011/2012, Messi mencetak rekor gol terbanyak dengan 73 kali menjebol gawang lawan di seluruh kompetisi saat bermain untuk Barcelona.

Haaland memang memecahkan berbagai rekor dalam debutnya di Liga Premier musim lalu. Namun, dengan kegemilangan Haaland dalam tiap pertandingan, ia hanya mampu mencetak 52 gol di semua kompetisi dalam satu musim.

Capaian Messi ini bahkan mengalahkan legenda Everton, Dixie Dean, yang sempat memegang rekor tak terpecahkan selama 95 tahun dengan mencetak 63 gol di seluruh kompetisi pada musim 1927/1928.

4. Gol Liga Champions terbanyak untuk satu klub (120 gol)

Rekor Messi berikutnya yang akan sulit dipecahkan pemain manapun yaitu gol Liga Champions terbanyak untuk satu klub.

Messi memang harus mengakui keunggulan Ronaldo sebagai top skor Liga Champions secara keseluruhan.

Namun, Messi masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu klub dalam Liga Champions, yaitu 120 gol untuk Barcelona.

Ronaldo menduduki posisi kedua dengan 105 gol untuk Real Madrid, disusul Benzema dengan 78 gol untuk Real Madrid.

Melihat fakta bahwa sangat jarang pemain loyal pada satu klub dalam laga modern, sulit memprediksi pesepak bola mana yang dapat menggeser Messi.

6. Gol terbanyak untuk Argentina (106 gol)

Rekor Messi selanjutnya yang akan sulit dipecahkan pemain manapun adalah gol terbanyak untuk Argentina.

Bagi negaranya, Messi juga mencetak rekor sebagai peraih skor terbanyak, yaitu 106 gol.

Sejak karier internasionalnya dimulai pada 2005, ia sudah mencetak 48 gol lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya, Gabriel Bautista.

Sementara rival-rivalnya dalam kategori ini sudah pensiun, Messi masih terus berlaga, membuat rekornya bakal sulit dipecahkan.

Itulah deretan rekor Messi yang bakal sangat sulit dipecahkan pemain manapun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya