SOLOPOS.COM - Pekerja memotong rumput lapangan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jatim, Selasa (15/3/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menarik surat perintah pengosongan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sebagai persiapan pelaksanaan Piala Dunia U-17. Persebaya Surabaya diizinkan menggunakan stadion sebagai kandang pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024.

Hal itu disampaikan manajemen Persebaya melalui akun resmi klub Instagram, officialpersebaya. Dikutip Solopos.com dari unggahan di akun tersebut, Selasa (19/9/2023), sedianya suporter Persebaya, Bonek, akan menggelar aksi damai, Selasa ini, sebagai bentuk protes terhadap Kementerian PUPR yang meminta Persebaya lekas mengosongkan Stadion GBT karena akan direnovasi untuk keperluan Piala Dunia U-17.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Bonek sedianya menuntut Persebaya dibolehkan memakai Stadion GBT pada laga kandang pekan ke-13 melawan Arema FC, 23 September mendatang. Rencana aksi itu sejalan dengan protes yang disampaikan manajemen kepada kementerian yang sama.

Merespons hal tersebut, Kementerian PUPR mengutus seseorang bernama M. Akbar Ansari menemui perwakilan Bonek. Kemudian, Kementerian PUPR menghubungi PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi dan menegaskan Persebaya bisa menjamu Arema di Stadion GBT.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang diwakili Stadium Manager GBT Trio Wahyu Bowo juga menyampaikan hal yang sama. “Silakan digunakan, tapi mari kita sama-sama menjaga Stadion GBT yang tidak lain adalah aset bersama masyarakat Kota Surabaya,” ujar Trio.

Setelah ada kepastian Persebaya boleh memakai Stadion GBT untuk menjamu Arema FC, seluruh koordinator tribune Persebaya membatalkan rencana aksi damai.

“Kami dari manajemen mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk teman-teman Bonek yang senantiasa mendukung Persebaya di dalam maupun luar lapangan. Terima kasih juga untuk pihak Polrestabes Surabaya yang sudah memfasilitasi para kordinator dengan pihak PUPR, Pemkot Surabaya, dan Official Persebaya dalam pertemuan, Salam Satu Nyali.. WANI,” tulis manajemen di unggahannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya