SOLOPOS.COM - Pelatih Vietnam Philippe Troussier dan timnya saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, beberapa hari lalu. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Perilaku tidak terpuji dilakukan sejumlah orang di dekat hotel tempat Timnas Vietnam menginap, Kamis (21/3/2024) dini hari.

Mereka menyalakan petasan luncur ke udara sembari meneriakkan kata-kata menyebut kata Nguyen.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

“Halo Nguyen, sahur, bangunin ya, sahurrr…habiss,” ujar seorang pria dalam video peluncuran petasan yang beredar luas di media sosial.

Warganet menyayangkan perilaku sejumlah orang ini. Menurut mereka, teror kepada tim lawan menunjukkan ketidaksportifan terhadap tamu negara.

“Yang terganggu bukan cuma pemain Vietnam tapi satu gedung. Emang agak tolol sih,” tulis akun @toktokubi.

Akun lainnya, @ndakadjawal, mengkhawatirkan teror terhadap Timnas Vietnam hanya akan menghadirkan teror lebih buruk kepada Tim Garuda.

Seperti diketahui, setelah melakoni laga perdana di Jakarta nanti malam, Tim Garuda gantian melawat ke kandang Vietnam untuk pertandingan tanggal 26 Maret.

Bahkan, rombongan Timnas Indonesia langsung terbang ke Hanoi, Vietnam pada 22 Maret.

“26 Maret gantian Timnas Indonesia jadi tamu di markas Vietnam. Percayalah, pemain Timnas Indonesia akan diganggu lebih parah dari ini. Dasar tolol,” tulis @ndakadjawal.

Sebelumnya, Ketum PSSI Erick Thohir meminta seluruh suporter menghormati tim lawan yang datang ke Jakarta.

Tim lawan, menurut Erick Thohir, adalah tamu negara yang harus diberi pelayanan terbaik.

“Satu lagi saya meminta tim lawan dihormati, mereka adalah tamu negara,” ujar Erick Thohir kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Teror terhadap tim Vietnam bukan hanya terjadi kali ini.

Beberapa hari lalu, penyerang Timnas Vietnam, Nguyen Van Toan, bercerita tentang pengalaman merasakan teror dari para pendukung Merah-Putih.

Nguyen Van Toan mengakui teror suporter Indonesia bisa mempengaruhi jalannya pertandingan.

“Mereka datang dan memberikan tekanan kepada tim tamu. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan, tapi jika mampu menangani situasi pertama dengan baik, saya menjadi lebih percaya diri,” katanya.

Nguyen Van Toan yang memperkuat Timnas Vietnam sejak 2016 sudah beberapa kali melakoni laga tandang ke Indonesia, di antaranya pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Saat itu The Golden Stars berhasil menahan imbang Indonesia dengan skor 0-0.

Pelatih Philippe Troussier mengatakan tidak mudah bermain di hadapan puluhan ribu suporter Indonesia yang memenuhi Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024).

Pelatih asal Prancis ini menyebut laga besok malam pukul 08.30 WIB akan menjadi ujian yang harus bisa dilewati anak asuhnya.

“Sebagai pelatih, saya harus siap sepanjang laga menjadi pemimpin melewati badai dan tekanan. Saya yakin para pemain siap untuk menghadapi tekanan [dari suporter] tersebut,” ucapnya seperti dikutip Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya