SOLOPOS.COM - Timnas U-20 Indonesia kalah 0-3 dari Ukraina U-23 di laga perdana Grup B Toulon Cup 2024, Selasa (4/6/2024) malam WIB. (Istimewa)

Solopos.com, PARIS — Timnas U-20 Indonesia yang dihuni pemain berusia rata-rata 18 tahun harus mengakui ketangguhan Ukraina U-23 di laga perdana Grup B Tournoi Maurice Revello (Toulon Cup 2024), Selasa (4/6/2024) malam WIB.

Dalam laga di Stade Jules-Ladoumegue itu, dua gol Ukraina dicetak di babak pertama sedangkan satu gol lagi di babak kedua.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Indonesia tak mampu menciptakan peluang berbahaya nyaris sepanjang 2 x 45 menit. Kesalahan passing dan kebingungan membangun serangan membuat barisan depan Timnas tak bisa mengancam gawang Ukraina.

Sebaliknya, salah satu wakil Eropa itu mengurung pertahanan Indonesia nyaris sepanjang laga.

Dua gol di babak pertama terjadi karena kesalahan antisipasi dari para pemain belakang Garuda Muda.

Jalannya Pertandingan

Seperti disiarkan Indosiar, Ukraina U-23 yang rata-rata berusia 21 tahun tampil dominan di awal pertandingan

Sementara, Timnas U-20 Indonesia yang rata-rata dihuni pemain berusia 18 tahun terus tertekan dan sulit mengembangkan permainan.

Gawang Ikram Al Giffari bobol kali pertama pada menit ke-8.

Umpan silang Alexander Drambayev dari sisi kanan tak diantisipasi oleh para pemain belakang Timnas.

Bola lambung itu disambar dengan kaki kanan oleh Hennadiy Synchuk yang muncul dari belakang dan meluncur deras ke gawang Ikram.

Setelah berjalan lebih dari 20 menit, sedikit demi sedikit Timnas mulai keluar dari tekanan.

Mereka mencoba menerapkan serangan balik cepat. Namun lemahnya passing dan koordinasi saat bola sudah berada di depan membuat serangan Garuda Muda mentah.

Bahkan Indonesia kembali dihukum dengan gol pada menit ke-31.

Pressing pemain Ukraina membuat Indonesia kehilangan bola.

Bola liar dimanfaatkan Mykola Mykhailenko untuk mencetak gol lewat sepakan pelan.

Beruntung mental Garuda Muda tidak goyah. Mereka terus menggalang pertahanan sembari berusaha menerapkan serangan balik cepat.

Pemain yang berlaga di Brasil, Welber Jardim mencoba lewat sepakan jarak jauh tapi tembakannya terlalu lemah sehingga bisa ditangkap kiper Ukraina, Ruslan Neshcheret.

Skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina bertahan hingga babak pertama tuntas.

Di babak kedua Ukraina yang sudah mengganti sejumlah pemain lebih menekan. Indonesia selalu berkutat di barisan belakang dan tak mampu merangsek hingga ke jantung pertahanan lawan.

Di babak kedua, Ukraina menggenapi kemenangan menjadi tiga gol tanpa balas.

Susunan Pemain:

Indonesia U-20: Ikram Al Giffari; Mufli Hidayat, Dion Markx, Iqbal Gwijangge, Dony Pamungkas, Sem Yvel, Welber Jardim, Toni Firmansyah, Arkhan Kaka Mufdi Iskandar, Arlyansyah Abdulmanan.

Ukraina U-23: Ruslan Neshcheret, Illiaa Krupskyi, Yevhen Pavliuk, Mykola Mykhailenko, Hennadiy Synchuk, Nazar Voloshyn, Alexander Drambayev, Kyrlo Sihaiev, Maksym Kucheriavyi, Maksym Bragaru, Taras Mykhavko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya