SOLOPOS.COM - Dua pemain naturalisasi asal Belanda, Thom Haye dan Jay Idzes, mengunjungi Stadion Utama GBK di Jakarta, Jumat (29/12/2023). (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — DPR menyetujui proses naturalisasi tiga pemain keturunan yang akan memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketiga pemain tersebut masing-masing Maarten Paes, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

PSSI sebelumnya menargetkan ketiga pemain ini bisa memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Jakarta (21 Maret) dan di Vietnam (26 Maret).

“Perlu kami beritahukan bahwa pimpinan DPR telah menerima tiga pucuk surat dari Presiden RI,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3/2024), seperti dikutip dari kanal Youtube DPR RI.

Ketiga surat Presiden Jokowi yang memuat permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan itu diterima DPR dengan waktu yang berbeda-beda.

Surat naturalisasi Ragnar Oratmangoen yang berposisi sebagai striker diterima DPR pada 5 Februari 2024.

Surat untuk gelandang Thom Haye dan kiper Maarten Paes diterima DPR pada 28 Februari 2024.

Dengan adanya Surpres itu, pimpinan DPR bakal menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR guna membahasnya.

Hasilnya akan dilaporkan kepada Pimpinan DPR untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi guna ditindaklanjuti dengan pengucapan sumpah.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menargetkan proses naturalisasi dua pemain diaspora, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, selesai pertengahan Maret tahun ini.

Ia bahkan berharap keduanya sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam (21 Maret) dan bertandang ke Hanoi (26 Maret).

Sebagai informasi, Ragnar Oratmangoen, 26, yang berposisi sebagai striker saat ini memperkuat klub Fortuna Sittard (Belanda).

Ia memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.

Sedangkan Thom Haye, 28, merupakan gelandang cerdas di klub Heerenveen (Belanda). Ia berdarah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Terakhir, kiper Maarten Paes, 25, mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang berasal dari Maluku.

Maarten berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat, FC Dallas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya