SOLOPOS.COM - Salah satu pemain naturalisasi Tim Nasional Indonesia, Jay Noah Idzes seusai acara pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta, Kamis (28/12/2023). (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar kurang mengenakkan datang dari pemain naturalisasi Jay Noah Idzes yang baru saja menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI), Kamis (28/12/2023).

Jay Idzes ternyata mempunyai riwayat penyakit paru-paru. Idzes sudah absen di klubnya, Serie B Italia, Venezia untuk menjalani pengobatan sejak Oktober 2023 lalu.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Keterangan itu didapatkan dari klub Idzes, Venezia.

Venezia memberi keterangan bahwa Jay Idzes mengalami masalah di paru-parunya.

Ia mengalami trombosis vena dengan mikroemboli paru yang berarti ada penyumbatan pembuluh darah vena karena pembekuan darah.

Penyumbatan darah yang dialami pemain berusia 23 tahun itu juga diikuti dengan penyumbatan pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru.

“Kami sangat bersedih untuk Jay Idzes, pertama dan terutama sebagai pribadi tapi sekarang tugas kami adalah mendampinginya dengan tenang,” ucap pelatih Venezia, Paolo Vanoli, dilansir dari situs resmi Venezia.

Vanoli menyebut Jay Idzes memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang hebat.

Namun yang terpenting, lanjutnya, adalah kesehatan Jay Idzes bisa membaik dan segera pulih kembali.

“Dia tidak mengetahui penyakit ini dan [masalah ini] adalah pukulan bagi kami semua,” tutur Vanoli.

Mikroemboli paru awalnya muncul karena darah yang menggumpal di bagian tubuh tertentu, misalnya di kaki.

Meski berukuran kecil, emboli paru bisa membahayakan nyawa jika tak segera diatasi.

Jay Idzes sudah cukup lama tak merumput. Terakhir kali dia bermain adalah saat Venezia menghadapi Parma pada pekan ke-10 Serie B, Oktober 2023 lalu.

Dalam laga yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Venezia, Jay Idzes turun sebagai starter mengisi posisi bek tengah.

Jay Idzes mengatakan kondisi fisiknya saat ini berangsur-angsur membaik.

“Kondisi saya bagus. Mudah-mudahan saya sudah bisa bermain dua pekan hingga satu bulan ke depan, jadi kita lihat saja nanti,” tutur Jay Idzes setelah resmi jadi WNI.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Pemain Naturalisasi Baru Jay Idzes Ternyata Punya Riwayat Penyakit Paru-paru”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya