SOLOPOS.COM - Suporter Persebaya Surabaya, Bonekmania, berada di tribune VIP Stadion Manahan, saat menyaksikan pertandingan timnya menghadapi Persis Solo, Sabtu (24/6/2023) malam WIB. (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLOPuluhan Bonek pendukung Persebaya Surabaya nekat hadir di Stadion Manahan Solo tempat pertandingan laga perdana Liga 1 2023/2024 antara Persis Solo vs Persebaya, Sabtu (1/7/2023) malam.

Sesuai aturan, suporter tim tamu dilarang hadir di stadion tim tuan rumah saat pertandingan berlangsung. Hal itu bagian dari aturan FIFA sebagai dampak Tragedi Kanjuruhan Malang yang menelan 135 korban jiwa.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Atas kejadian itu panita pelaksana pertandingan Persis Solo vs Persebaya bakal mengevaluasinya.

Ketua Panpel Persis Solo Ginda Ferachtriawan mengonfirmasi adanya suporter Persebaya yang datang ke Stadion Manahan Solo pada pertandingan perdana Liga 1 Persis ss Persebaya. Mereka datang tanpa memakai atribut.

“Secara regulasi tidak boleh, kita masih akan evaluasi koordinasi dengan tim manajemen kenapa masih ada suporter tim lawan masuk stadion,” kata Ginda, Minggu (2/7/2023).

Dia mengatakan penjualan tiket secara online tidak bisa dipantau orang mana saja yang membeli.

“Mereka, suporter Bonek datang membeli tiket, tapi tidak pakai atribut. Ini dipertanyakan karena melanggar aturan PSSI,” kata dia.

Dia berharap kejadian ini tidak terulang karena sepak bola Indonesia sedang dipantau FIFA setelah Tragedi Kanjuruhan Malang. Dia berharap imbauan dan pemantauan dari klub lebih diperketat.

“Kita kan masih dimonitor [diawasi] oleh FIFA. Harusnya kita bisa ngasih contoh bahwa perbandingan kandang dilarang dihadiri suporter tim tamu,” ulas Ginda.

Dia juga menyoroti adanya gesekan antarsuporter pada babak kedua. Bahkan, ia meminta bantuan anggota Polresta Solo untuk terjun di tribune menenangkan suporter.

“Terjadi gesekan suporter sampai terpaksa kita minta bantuan pihak kepolisian redakan gesekan,” kata dia.

Kehadiran Bonek diketahui saat pertandingan akan dimulai. Mereka berada di tribune VIP selatan dan utara menyanyikan anthem mereka, Song For Pride, saat laga akan dimulai.

Sejumlah bendera suporter Persebaya juga terpasang di beberapa sisi Stadion Manahan.

Pada Liga 1 musim ini, PSSI belum memberikan kouta suporter tim tamu. Namun, lantaran hubungan suporter Persis Solo dan Surabaya harmonis membuat suporter Persis Solo tidak menolak saat Bonek menyanyikan anthem mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya