SOLOPOS.COM - Timnas Denmark di Euro 2024 (Istimewa)

Solopos.com, FRANKFURT — Duel menarik akan tersaji kala Denmark meladeni Inggris di Deutsche Bank Park, Frankurt, dalam matchday kedua Grup C Euro 2024, Kamis (23/4/2024) malam.

Laga ini akan disiarkan langsung RCTI mulai pukul 23.00 WIB.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Grup C bukanlah grup yang mudah, Inggris, Denmark, Slovenia dan Serbia akan bersaing memperebutkan tiket untuk lolos ke Babak 16 Besar.

Denmark di laga perdana harus puas bermain remis saat melawan Slovenia dengan skor 1-1.

Sedangkan Inggris juga harus susah payah menang atas Serbia dengan skor 1-0.

Hasil imbang yang sangat sulit tentunya diterima oleh Denmark, menguasai bola sebanyak 68 persen, menciptakan 16 percobaan ke arah gawang namun hanya empat yang tepat sasaran dan hanya satu yang berbuah gol.

Sedangkan Slovenia mencipta dua kali percobaan tepat sasaran dan satu menjadi gol.

Efektivitas di depan gawang tentu akan menjadi sorotan bagi sang pelatih Kasper Hjulmand jelang pertandingan ini.

Danish Dynamite harus bisa mengonversi peluang menjadi gol, opsi di lini depan Denmark sebenarnya cukup mewah dengan segudang pemain haus gol seperti Kasper Dolberg, Yussuf Poulsen hingga Rasmus Hojlund.

Jika membutuhkan bantuan gol dari lini kedua, Mikkel Damsgaard, Thomas Delaney dan Christian Eriksen juga bisa menjadi solusi.

Nama terakhir bahkan sudah mencetak gol di laga melawan Slovenia. Eriksen kemungkinan akan kembali diandalkan sebagai pemain nomor 10 di belakang dua penyerang dalam skema 3-4-1-2 khas Hjulmand.

Pemain Manchester United ini seolah diberikan nyawa kedua di turnamen Euro 2024 setelah sempat collapse di tengah lapangan karena serangan jantung tiga tahun lalu.

Eriksen diberikan ruang berkreasi di lini tengah sekaligus menjaga aliran bola ke lini depan dan menciptakan peluang.

Pergerakan tanpa bola pemain berusia 32 tahun ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, seperti yang ia tunjukkan saat laga melawan Slovenia sebelum mencetak gol.

Denmark tentu juga ingin balas dendam dari kekalahan menyakitkan atas Inggris di Euro 2020.

Saat itu, diving Raheem Sterling di ekstra time babak pertama berbuah penalti kontroversial yang membuat Denmark kalah tipis 2-1 di semifinal.

Inggris sebenarnya di laga ini hanya butuh satu kemenangan untuk lolos ke Babak 16 Besar.

Meski begitu, sang pelatih, Gareth Southgate ini dianggap masih belum bisa mengoptimalkan potensi para pemainnya. Kemenangan atas Serbia dengan skor 1-0 juga masih belum begitu meyakinkan.

Inggris hanya menciptakan tiga tembakan tepat sasaran selama 90 menit. Harry Kane tumpul di depan gawang lawan dan tidak satu kalipun menciptakan tembakan tepat sasaran.

Trent Alexander-Arnold yang dipasang sebagai gelandang juga tidak bisa mengeluarkan potensi terbaiknya.

Opsi serangan dari sisi sayap melalui Bukayo Saka atau Phil Foden juga tidak begitu terlihat.

Yang bisa dipuji dari penampilan Inggris di laga melawan Serbia adalah disiplinnya lini belakang.

Marc Guehi dan John Stones sukses menjawab keraguan publik saat diturunkan bersama. Keduanya bak tembok kokoh yang juga sangat tenang ketika mendapatkan tekanan.

Guehi yang baru berusia 23 tahun bermain seperti pemain yang sudah sangat senior dengan komando dan ketenangannya di atas lapangan.



Meski begitu, The Three Lions harus tetap waspada, Denmark tentu bukan lawan yang akan mudah ditaklukkan.

Dengan kualitas pemain merata, duel antara Denmark melawan Inggris berpotensi menjadi salah satu pertandingan terbaik di fase grup Euro 2024 kali ini.

Perkiraan susunan pemain

Denmark (3-4-1-2)

Kasper Schmeichel; Jannik Vestergaard, Joachim Andersen, Andreas Christensen; Alexander Bah, Morten Hjulmand, Pierre-Emile Hojbjerg, Victor Kristiansen; Christian Eriksen; Jonas Wind, Rasmus Hojlund

Pelatih: Kasper Hjulmand

Inggris (4-2-3-1)

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi, Ezri Konsa; Trent Alexander-Arnold, Declan Rice; Bukayo Saka, Jude Bellingham, Phil Foden; Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Head to head

Uji coba (10/2/2011): Denmark vs Inggris, 1-2

Uji coba (6/3/2014): Inggris vs Denmark, 1-0

UEFA Nations League 2020 (9/9/2020): Denmark vs Inggris, 0-0

UEFA Nations League 2020 (15/10/2020): Inggris vs Denmark, 0-1

Euro 2020 (8/7/2021): Inggris vs Denmark, 2-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya