SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berseleberasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Taiwan pada pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Solopos/Joseph Howi WIdodo)

Solopos.com, JAKART–Pelatih Tim U-24 Indonesia Indra Sjafri membeberkan situasi Ramadhan Sananta yang akhirnya batal memperkuat timnas berlaga di Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar September-Oktober 2023. Sebelumnya, sebanyak 22 pemain disiapkan oleh pelatih asal Sumatra Barat itu untuk perhelatan ini.

“Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo, sebelumnya setuju memberikan pemain memperkuat timnas Asian Games. Untuk Persis Solo kita panggil hanya satu pemain, yaitu Ramadhan Sananta. Atas izin Persis Solo dan komitmen manager, Persis menyetujui Sananta bergabung dengan permintaan bermain terlebih dulu melawan PSIS Semarang di tanggal 16 September 2023. Kita setujui dan sepakat pemain yang bersangkutan berangkat menyusul ke Hangzhou tanggal 18 September 2023 dini hari,” kata Indra Sjafri.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

“Tapi akhirnya Sananta tidak dibolehkan berangkat. Padahal id card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games. Tiket keberangkatan ke Hangzhou juga sudah disiapkan untuk semua pemain yang menyusul dengan penerbangan tanggal 18 September dini hari pukul 00.15 WIB. Kami juga masih menunggu pemain-pemain yang akan bergabung pada besok hari. Yang jelas kami sudah fokus jelang laga perdana lawan Kirgizstan. Pemain yang siap dan sudah ada di Hangzhou sebanyak 19 pemain,” sambungnya.

Menurut Indra Sjafri, pemain yang menyusul ke Hangzhou adalah Dewangga, Ananda Rehan, M. Irianto, George Brown. “Yang sakit dan cedera belum berangkat, Beckham Putra [cedera] dan Kadek Arel [sakit],” sambung pelatih yang sukses membawa timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja itu.

“Semua pemain yang 22 orang itu sudah punya id card Asian Games dan tidak bisa lagi diganti karena kita sudah mengganti sembilan pemain dari daftar yang sudah kita daftarkan diawal,” ungkap Indra.

Namun di luar itu, Indra Sjadri menyebut semua dinamika yang terjadi di dalam negeri biarlah jadi masalah internal. “Yang penting sekarang saya dan tim akan fokus menghadapi gelaran Asian Timnas langsung menjalani jalani latihan pemulihan fisik, setibanya di Jinhua Youth Sports Scholl Football, Hangzhou, Minggu malam [17/9/2023],” ulas dia.

Indra Sjafri melanjutkan timnas U-24 Indonesia siap bermain di laga perdana melawan Kirgizstan. “Setelah melakukan perjalanan panjang dari Indonesia dan sempat transit di Hong Kong, pada malam ini kita lakukan latihan perdana di Hangzhou. Menu latihan ringan, kita jalani latihan pemulihan dan adaptasi disini,” ujar Indra Sjafri.

Dia meminta doa dan dukungan masyarakat sepak bola Indonesia dan berterima kasih kepada klub yang sudah banyak membantu timnya selama ini dengan para pemain yang bergabung.

“Mohon doanya dari masyarakat sepak bola Tanah Air. Terima kasih banyak untuk klub-klub yang sudah mengizinkan pemainnya, walaupun harus kekurangan pemain dalam menjalankan pertandingan di kompetisi. Terima kasih banyak sudah bantu kepentingan Merah Putih kita,” terang Indra.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Indonesis vs Kyrgyzstan: Indra Sjafri Bicara Soal Sananta dan Laga Pertama”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya