SOLOPOS.COM - Pemain sepak bola asal Belanda Ragnar Oratmangoen yang sedang menjalani proses naturalisasi menjadi WNI. (Instagram/fortuna.sittard).

Solopos.com, JAKARTA–Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi penyerang klub Liga Belanda atau Eredivisie, Ragnar Oratmangoen, akan menjalani proses naturalisasi sebagai warga negara Indonesia.

Striker yang kini memperkuat Fortuna Sittard tersebut diproyeksikan menjadi bagian Timnas Indonesia.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Dalam unggahan di akun pribadi Instagram, Kamis, Erick Thohir menyampaikan Ragnar Oratmangoen berkomitmen membela tim Merah Putih.

“Selamat datang di Indonesia, Ragnar Oratmangoen! Ragnar yang bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie bersama Fortuna Sittard punya komitmen untuk membela Merah Putih,” tulis Ketum PSSI Erick Thohir di unggahannya dikutip dari Antara.

Ragnar Oratmangoen merupakan penyerang sayap klub Fortuna Sittard. Oratmangoen memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Tanimbar, Maluku.

Pemain berusia 25 tahun tersebut juga bisa menempati sejumlah posisi, seperti penyerang tengah dan gelandang serang.

Dengan hadirnya Oratmangoen tentu akan menjadi suntikan besar bagi kedalaman skuad tim asuhan Shin Tae-Yong yang tengah berjuang di berbagai turnamen di antaranya kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

“Semoga Ragnar bisa ikut memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia,” tambah Erick.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)


Saat ini Oratmangoen berstatus pemain pinjaman di Fortuna Sittard hingga 30 Juni 2024. Di bursa transfer musim panas lalu, Oratmangoen dipinjamkan klubnya FC Groningen menuju Fortuna Sittard.

Tercatat di musim ini, Oratmangoen telah tampil sebanyak delapan kali di seluruh kompetisi ketika berseragam Fortuna Sittard.

Sebelumnya, Erick memberi kabar mengejutkan terkait bek klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderes (Wolves) Justin Hubner.

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut pemain blasteran yang dulu pernah menempuh proses naturalisasi tetapi berhenti di tengah jalan tersebut kini sudah mantap menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan segera membela timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Justin Hubner saat ini sudah memasuki tahap akhir. Ini terjadi lantaran sebelumnya pemain kelahiran 14 September 2003 sudah menempuh proses naturalisasi bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael William Struick pada 2022.

Bahkan, DPR telah menyetujui proses naturalisasi tahap ketiga Justin Hubner melalui sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023.

Namun, karena alasan tertentu dia mundur dari proses menuju pengubahan kewarganegaraan.

Saat ini, Justin Hubner tinggal menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian pengambilan sumpah menjadi WNI.

“Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi, pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir. Selanjutnya tinggal menunggu keputusan Presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia,” kata Erick Thohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya