SOLOPOS.COM - Pemain Arsenal merayakan gol saat melawan Tottenham Hotspur di pekan ke-6 Premier League atau Liga Utama Inggris di London, Inggris, Minggu (24/9/2023) malam. Kedua tim bermain imbang 2-2. (Instagram/arsenal).

Solopos.com, SOLOArsenal vs Tottenham Hotspur bermain imbang dengan skor 2-2 dalam Derby London Utara di pekan ke-6 Premier League atau Liga Utama Inggris, Minggu (24/9/2023) malam.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi penyelenggara Liga Inggris, premierleague.com, seusai laga, pertandingan itu diwarnai satu gol bunuh diri pemain Spurs Cristian Romero. Beruntung, Son Heung-min mencetak dua gol pada duel sengit itu sehingga Tottenham terhindari dari kekalahan pada Derby London Utara yang pertama itu.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Hasil ini membuat Tottenham Hotspur tetap berada di papan atas yakni peringkat ke-4 klasemen sementara, tepat di atas The Gunners.

Arsenal mencetak gol melalui gol bunuh diri Cristian Romero dan penalti Bukayo Saka. Hasil ini bagi Spurs adalah raihan satu poin pertama mereka di Stadion Emirates sejak September 2019. Sedangkan, Son menjadi pemain Spurs pertama yang mencetak dua gol dalam pertandingan Premier League di Arsenal sejak Mei 1993.

Spurs harus berterima kasih kepada kiper Guglielmo Vicario di babak pertama. Pertama, dia menggagalkan tendangan Gabriel Jesus dengan tangan kiri. Lalu dia menyelamatkan kondisi blunder yang dilakukan Destiny Udogie yang secara tidak sengaja memberikan peluang kepada Eddie Nketiah setelah umpan balik yang buruk.

Namun, Vicario tidak bisa mencegah Arsenal unggul 1-0 pada menit ke-26. Saka masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang seharusnya melebar, tetapi bola membentur kaki kiri Romero yang membuat bola mengarahkan ke gawang sendiri. Romero menjadi pemain Spurs keempat yang mencetak gol bunuh diri dalam Derby London Utara Premier League.

Arsenal hampir saja menggandakan keunggulan beberapa menit kemudian. Sayang, Jesus melepaskan tembakan di atas mistar gawang setelah merebut bola dari James Maddison di kotak penalti mereka sendiri.

Giliran Spurs yang mengancam lewat Brennan Johnson. Pada debut penuhnya, pemain asal Wales itu mengarahkan bola dari umpan balik Son tetapi bisa ditepis dengan sangat baik oleh David Raya di garis gawangnya.

Raya akhirnya kebobolan hanya empat menit setelahnya. Maddison bergerak menjauh dari Saka dan melepaskan umpan silang untuk Son yang menjalankan serangannya dengan sempurna untuk mencetak gol ke gawang jauh, sebelum merayakan golnya dengan menunjukkan tanda diam kepada penonton Arsenal.

Spurs memiliki lebih dari 60% penguasaan bola di babak pertama dan Mikel Arteta merespons dengan dua pergantian pemain pada paruh pertandingan. Declan Rice dan Fabio Vieira digantikan oleh Jorginho dan Kai Havertz.

The Gunners hanya butuh sembilan menit untuk kembali unggul. Saka berhasil menjalankan penalti ke tengah gawang setelah Romero melakukan pelanggaran terhadap tembakan Ben White dari jarak dekat.

Romero menjadi pemain ke-11 dalam sejarah Premier League yang mencetak gol bunuh diri dan memberikan penalti dalam satu pertandingan serta menjadi pemain Spurs pertama yang melakukannya.

Namun, hanya 98 detik kemudian Spurs kembali menyamakan kedudukan.

Jorginho kehilangan bola dan direbut Maddison yang kemudian memberi umpan kepada Son untuk menyelesaikan dengan tenang dan mencetak golnya yang ke-150 bagi Spurs di semua kompetisi.

Ini merupakan assist (umpan berbuah gol) keempat Maddison yang menyamai rekor terbanyak di liga musim ini. Sedangkan, gol itu adalah gol kelima Son yang hanya kalah dari delapan gol milik Haaland dalam perlombaan untuk Sepatu Emas Castrol.

Son memiliki peluang mencetak hattrick atau tiga gol pada menit ke-69, tetapi tembakannya dari sudut yang sempit dibelokkan ke arah gawang. Itu adalah peluang terakhir Spurs. Son dan Maddison akhirnya diganti karena cedera lutut.

Hal itu membuat Spurs bertahan. Arsenal memanfaatkannya dengan melancarkan serangan lebih intens. Tetapi meskipun ada tambahan waktu selama 10 menit, tim tuan rumah tidak mampu menciptakan peluang besar terakhir untuk memenangkan derby ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya