SOLOPOS.COM - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/M. Rian Ardianto (Fajar/Rian). (Twitter/@INABadminton).

Solopos.com, JAKARTA–Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Fajar/Rian) yang bertitel nomor satu dunia dan unggulan pertama harus menerima kenyataan kalah dari wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di babak perempat final nomor perorangan Asian Games Hangzhou, Kamis (5/10/2023).

Lee/Wang mengandaskan Fajar/Rian dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-18.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dikutip dari Antara, Fajar/Rian memulai babak pertama dengan meyakinkan, mampu meladeni reli panjang yang disuguhkan Lee/Wang. Ganda putra Indonesia unggul sementara 3-1 sebelum permainan cepat pasangan Taiwan membuat keadaan berbalik 3-5 karena pengembalian shuttlecock yang kurang sempurna dari Fajar/Rian.

Pasangan Indonesia yang merupakan peringkat satu dunia itu kemudian mencoba bangkit dengan menyamakan kedudukan 5-5 melalui tempo permainan yang lebih cepat.

Meski demikian, banyak kesalahan sendiri yang dilakukan Fajar/Rian dan interval gim pertama diamankan oleh lawan dengan skor tipis 10-11.

Selepas jeda, smes keras Fajar menyangkut di net dan memberikan poin pertama untuk Lee/Wang. Tak ingin membuyarkan fokus, Fajar/Rian mencoba untuk melakukan reli-reli panjang hingga akhirnya pasangan Indonesia berbalik unggul 16-15.

Perebutan poin berlangsung ketat, dengan kedua pasangan hanya terpaut satu poin satu sama lain ketika unggul dan langsung mampu mengimbangi tak lama kemudian.

Di momen kritis, flick serve dari Lee mampu mengecoh Fajar/Rian dan merebut matchpoint pertama 20-18 sebelum mengakhiri gim pertama 21-19.

Gim kedua dibuka dengan poin pertama bagi Fajar/Rian sebelum Lee/Wang membombardir mereka dengan serangan-serangan yang mampu menyamakan skor.

Kali ini, Fajar/Rian tampil lebih sabar dan mampu merebut keunggulan 6-3 dan memperpanjangnya hingga 10-8. Namun, mereka tak mampu mempertahankannya hingga interval gim kedua kembali direbut oleh Lee/Wang 10-11.

Fajar/Rian segera menyamakan kedudukan dan unggul 13-12 dengan mengantisipasi serangan-serangan cepat peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo itu.

Ganda putra Indonesia berusaha bangkit dari tekanan hingga skor identik 16-16 dan 18-18 kembali terpampang.

Namun, setelah perlawanan ketat, matchpoint gim kedua direbut oleh Lee/Wang sampai mereka meraih kemenangan 21-18 dan berhak melaju ke semifinal Asian Games Hangzhou.

Dengan hasil ini berarti Indonesia hanya menyisakan dua wakil dari sektor tunggal putra yakni Anthony Sinisuka Ginting dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Keduanya akan bermain di sesi II yang dimulai pukul 16.00 WIB. Ginting akan melawan wakil China Li Shi Feng. Sedangkan, Gregoria akan meladeni wakil Jepang Aya Ohori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya