SOLOPOS.COM - Penyerang timnas Indonesia Ramadhan Sananta melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan Brunei Darussalam pada laga kualifikasi babak pertama zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia membantai Brunei Darussalam dengan skor 6-0 dalam pertandingan kualifikasi babak pertama zona Asia Piala Dunia 2026, Kamis (12/10/2023) malam.

Dimas Drajad menciptakan hattrick atau tiga gol. Ramadhan Sananta menyumbang dua gol atau menciptakan brace. Satu gol lainnya dicetak Rizky Ridho.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Pesta gol tim asuhan Shin Tae-yong dimulai dengan gol cepat Dimas Drajad pada menit ke-6. Dia kembali mencetak gol pada menit 71 dan 90+1. Bek Persija Jakarta Rizky Ridho menyumbang gol pada menit ke-11.

Sementara, penyerang Persis Solo Ramadhan Sananta menciptakan gol hanya dalam lima menit yakni pada menit 62 dan 67.

Sejak babak pertama dimulai, skuad Garuda tampil menekan. Indonesia langsung mendapatkan peluang melalui Hokky Caraka pada menit ke-3. Sayang, tendangan mendatarnya masih melebar.

Tim asuhan Shin Tae-yong tak memberi kesempatan Brunei Darussalam mengembangkan permainan dengan terus mengintensifkan serangan. Ini dapat dilakukan dengan mudah lantaran Saddil Ramdani dan kawan-kawan mendominasi permainan.

Usaha mereka membuahkan hasil. Indonesia membuka gol saat pertandingan masih berusia enam menit lewat Dimas Drajat yang memanfaatkan bola pantulan yang berasal dari sundulan Hokky Caraka. Skor 1-0.

Hanya dua menit berselang Indonesia kembali mengancam melalui skema yang apik. Umpan dari Dimas disambut Marc Klok yang kemudian dia melepaskan tendangan keras dan berakhir tendangan sudut.

Bola dari sepak pojok ditanduk Sandy Walsh, tetapi hanya menghasilkan tendangan gawang.

Pada menit ke-11, Indonesia sukses menggandakan keunggulan melalui skema tendangan sudut. Adalah bek Rizky Ridho yang kali ini membobol gawang Brunei Darussalam.

Sepak pojok dari Saddil disambut dengan baik oleh Ridho dengan first time shot. Indonesia 2, Brunei Darussalam 0.

Setelah gol kedua ini, Indonesia tak mengendurkan serangan dan menciptakan banyak peluang. Namun, hingga menit ke-30 belum ada peluang yang dapat dikonversi menjadi gol ketiga.

Skuad Merah Putih sulit menembus pertahanan Brunei Darussalam mengingat hampir seluruh pemain turun ke area pertahanan.

Brunei Darussalam belum bisa berbuat banyak. Setelah mengandaskan serangan Indonesia Mohd Hendra Azam dan kawan-kawan tak mampu menjalankan transisi serangan balik dengan cepat.

Brunei beberapa kali mendapatkan tendangan sudut, tetapi selalu gagal mengancam gawang Indonesia yang dijaga Nadeo.

Hingga babak pertama usai, skor tak berubah, 2-0 untuk keunggulan sementara Indonesia.

Skuad Garuda langsung mendapatkan peluang semenit setelah babak kedua dimulai melalui umpan Asnawi Mangkualam kemudian disambut Pratama Arhan dengan sundulan. Namun, bola belum menemui sasaran.

Indonesia terus membombardir pertahanan Brunei Darussalam, tetapi hingga menit ke-60 usaha mengoyak jala gawang lawan belum membuahkan hasil.

Witan Sulaeman yang masuk di babak kedua mendapat umpan lambung. Sayang, dia yang berdiri bebas di depan gawang Brunei tak mampu memanfaatkannya dengan sundulan. Beberapa tendangan sudut yang dihasilkan juga belum dapat mengancam gawang Brunei.

Akhirnya gol ketiga yang ditunggu tercipta juga pada menit ke-62 melalui titik putih setelah Sandy Walsh ditekel M. Nazhan di dalam kotak penalti saat berusaha menusuk pertahanan Brunei.

Ramadhan Sananta yang masuk menggantikan Hokky Caraka sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor. Indonesia 3, Brunei masih 0.

Ramadhan Sananta yang merupakan striker Persis Solo itu mencetak gol kedua sekaligus gol keempat Indonesia pada menit ke-67 atau lima menit setelah penalti.

Empat menit kemudian giliran Dimas Drajad yang menciptakan gol untuk Garuda melalui sundulan. Skor 5-0 untuk Indonesia.

Hingga 90 menit waktu normal habis tidak ada gol lagi meski Indonesia memiliki banyak peluang. Akhirnya Indonesia bisa menambah satu gol yang dicetak Dimas Drajad pada menit 90+1 atau empat menit sebelum bubar. Itu gol ketiga Dimas Drajat.



Pesta gol Indonesia berakhir setelah wasit meniupkan peluit tanda babak kedua usai. Skor akhir Indonesia 6, Brunei 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya