SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menendang bola saat memimpin sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023). Latihan itu digelar sebagai persiapan tampil di fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2023 melawan timnas Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023. (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO–Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 timnas Indonesia vs Brunei Darussalam segera digelar.

Pertandingan akan digelar dua kali yakni Kamis (12/10/2023) nanti malam ketika Indonesia menjadi tuan rumah dan tandang ke Brunei Darussalam pada Selasa (17/10/2023). Kedua pertandingan bakal disiarkan langsung RCTI.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Pertandingan tersebut merupakan babak pertama kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026, tahapan paling awal. Ini berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Negara-negara tersebut tidak menjalani pertandingan babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka bisa loncat langsung ke babak kedua atau fase grup pertama di kualifikasi ini.

Mengapa Indonesia harus menjalani tahapan paling awal dulu, sedangkan Malaysia, Vietnam, dan Thailand bisa langsung ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026? Berikut ulasannya mengenai penyebabnya berdasar informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber.

Ada 46 wakil Asia atau anggota AFC yang menempuh kualifikasi Piala Dunia 2026. Berdasar kebijakan FIFA, sebanyak 26 tim dari Asia yang memiliki rangking FIFA terbaik langsung lolos ke babak kedua kualifikasi atau fase grup pertama.

Sementara, 20 tim lainnya dengan ranking FIFA terendah harus memulai kualifikasi dari tahap paling awal, babak pertama.

Indonesia adalah salah satu tim yang masuk kategori 20 tim pemilik ranking FIFA terendah sehingga harus memulai sejak babak pertama kualifikasi.

Pada lingkup peserta Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), dari 12 peserta AFF (11 negara Asia Tenggara plus Australia), terdapat tujuh negara atau tim yang harus memulai kualifikasi sejak babak pertama, termasuk Indonesia.

Indonesia senasib dengan Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Singapura, dan Timor Leste. Sementara, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Thailand masuk kategori kontestan yang bisa langsung lolos ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berdasar undian kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 pada Juli lalu, pada babak pertama ini Indonesia bertemu Brunei Darussalam.

Sementara Singapura vs Guam, Myanmar vs Makau, Kamboja vs Pakistan, Timor Leste vs Taiwan, dan Laos vs Nepal.

Dari 20 tim yang melakoni babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, sebanyak 10 tim pemenang pertandingan (kandang-tandang) berhak melaju ke babak kedua.

Berdasar hasil undian, apabila lolos ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia akan menghuni Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya