SOLOPOS.COM - Dua tunggal putri Korsel berada di podium juara Indonesia International Challenge (ICC) 2023 setelah bertemu di final yang digelar di Jatim Expo, Surabaya, Jatim, Minggu (22/10/2023). (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, SURABAYA – Hasil lengkap final Indonesia International Challenge (IIC) 2023 di Surabaya, Minggu (22/10/2023) telah dirilis. Indonesia dipastikan tak meraih gelar juara karena tak ada wakil mereka yang berlaga di babak final tersebut.

Pertandingan final Indonesia International Challenge 2023 ini digelar di Jatim Expo.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Di partai puncak ini Jepang menempatkan wakil terbanyak yaitu empat wakil, disusul Korea Selatan (Korsel) dengan tgiga wakil, kemudian Malaysia dengan dua wakil, dan Thailand satu wakil.

Jepang akhirnya mampu meraih dua gelar juara Indonesia International Challenge 2023 melalui dua wakil mereka di sektor ganda campuran dan ganda putra, Korsel, Malaysia, dan Thailand masing-masing meraih satu gelar juara.

Salah satu juara Indonesia International Challenge 2023, tunggal putri Korsel, Sim Yu Jin, menyatakan sudah mempersiapkan diri secara matang untuk turnamen kali in. Di final Sim Yu Jin mengalahkan rekan satu negaranya, Kim Ga Ram dalam dua game langsung dengan skor 21-16, 21-13.

Tunggal putri ranking 36 dunia itu mengaku senang akhirnya bisa pecah telur dengan meraih gelar juara Xpora Indonesia International Challenge 2023 di Surabaya. Titel jawara ini menjadi motivasi tambahan bagi Sim Yu Jin untuk merengkuh gelar juara di turnamen berikutnya.

“Senang rasanya bisa meraih gelar juara di sini. Saya sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk bisa meraih prestasi di sini,” ungkap Sim dikutip dari keterangan resmi Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Saya sudah sering berhadapan melawan Kim Ga Ram selama di latihan. Saya sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan lawan sehingga sudah saling mengetahui satu sama lain,” tambah runner up Dutch Junior 2017 itu.

Dengan hasil ini, Sim Yu Jin mengakhiri panceklik gelar juara seusai terakhir berjaya pada ajang Norwegian International 2018. Prestasi terbaik setelah itu ditorehkan Sim Yu Jin hanya dengan menjadi runner up Mongolia International Challenge 2019. Pada partai puncak, dia menyerah di tangan Supanida Katethong (Thailand) dengan skor 19-21, 21-19, 9-21.

“Sepanjang turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 saya menikmati setiap pertandingan. Adaptasi saya sejauh ini di sini sangat baik, saya suka dengan makanan di kota ini. Hanya cuacanya yang sangat panas sedikit membuat saya kesulitan,” aku Sim Yu Jin.

“Hasil di turnamen ini membuat saya optimistis menatap turnamen berikutnya pada pekan depanyaitu BNI Indonesia Masters 2023 di Surabaya,” pungkas Sim Yu Jin.

Hasil lengkap final dan juara Indonesia International Challenge (IIC) 2023 di Surabaya:

Ganda campuran
Choong Hon Jian/Go Pei Kee (Malaysia) Vs Hiroki Nishi/Akari Sato (Jepang), 20-22, 21-18, 14-21

Tunggal putri
Sim Yu Jin (Korsel) Vs Kim Ga Ram (Korsel), 21-16, 21-13

Ganda putri
Sayaka Hobara/Yui Suizu (Jepang) Vs Laksika Kanlaha/Phataimas Muenwong (Thailand), 18-21, 18-21

Tunggal putra
Keita Makino (Jepang) Vs Sholeh Aidil (Malaysia), 14-21, 6-21

Ganda putra
Ki Dong Ju/Kim Jaehwan (Korsel) Vs Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura (Jepang), 22-20, 16-21, 8-21

Demikianlah hasil lengkap babak final dan juara turnamen bulu tangkis Indonesia International Challenge (ICC) 2023 yang digelar di Jatim Expo pada hari ini. Pencinta bulu tangkis Indonesia memang harus menerima kekewaan karena tak ada wakil Tanah Air yang lolos ke final.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya