SOLOPOS.COM - Para pemain dan ofisial Timnas Indonesia berfoto bersama dengan latar belakang penonton seusai mengalahkan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam. (the-afc.com)

Solopos.com, SOLO —Indonesia dan Jepang yang akan bertanding di laga terakhir Grup D, Rabu (24/1/2024), bisa sama-sama melaju ke 16 Besar Piala Asia Qatar 2023.

Berikut hitungan poin untuk bisa lolos 16 Besar, yang dianalisis Solopos.com dari laman resmi AFC, the-afc.com, Selasa (20/1/2024).

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kemenangan atas Vietnam membuat peluang Indonesia untuk lolos sebagai peringkat ketiga terbaik membesar.

Pada Sabtu (20/1/2024) ini, Indonesia berada di peringkat pertama dari empat tim peringkat tiga terbaik klasemen Piala Asia 2023.

Indonesia yang mengantongi poin tiga unggul atas Syiria, Tajikistan dan Palestina yang sama-sama memiliki 1 poin.

Secara regulasi AFC, empat tim peringkat tiga terbaik dari enam grup akan lolos ke fase 16 Besar.

Indonesia masih menyisakan satu pertandingan melawan Jepang pada Rabu (24/1/2024) mendatang.

Jika mendapat tambahan poin minimal satu otomatis Garuda melenggang ke 16 Besar.

Indonesia juga masih bisa lolos jika kalah dari Jepang dengan selisih gol tidak terlalu banyak.

Sama dengan Indonesia, Jepang juga masih berjuang untuk lolos dari fase grup. Indonesia dan Jepang sama-sama mengumpulkan poin tiga namun Samurai Biru unggul selisih gol.

Jepang surplus satu gol hasil dari menang 4-2 vs Vietnam dan kalah 1-2 vs Irak sedangkan Indonesia minus satu gol hasil dari kalah 1-3 vs Irak dan menang 1-0 vs Vietnam.

Irak sudah lebih dulu menyegel satu tiket di 16 Besar berkat kemenangan 3-1 atas Indonesia dan 2-1 vs Jepang.

Indonesia dan Jepang bisa sama-sama lolos ke 16 Besar Piala Asia. Jepang akan lolos sebagai runner up Grup D jika menang atau imbang melawan Skuad Garuda.

Sementara Indonesia lolos jika imbang atas Jepang atau kalah dengan selisih gol sedikit sembari melihat poin dari grup-grup lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya