SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong (pssi.org)

Solopos.com, DOHA — Pelatih Shin Tae-yong (STY) memberi pesan khusus untuk anak asuhnya jelang laga penting melawan tuan rumah Qatar dalam turnamen Piala Asia U-23, Senin (15/4/2024) pukul 22.00 WIB.

STY meminta Marselino Ferdinan dkk. bermain rileks karena lawan yang dihadapi memiliki ranking FIFA yang jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Saat ini Qatar berada di ranking 34 FIFA sedangkan Indonesia 134 alias berbeda 100 tingkat.

Kualitas pemain Timnas U-23 Qatar diprediksi tak jauh dari para seniornya yang Januari 2024 lalu menjuarai Piala Asia 2023.

“FIFA ranking lawan lebih tinggi dari kita. Kita paling rendah. Main serileks mungkin dan kita akan menang,” pesan STY dalam video yang diunggah Ketum PSSI Erick Thohir di akun Instagramnya, @erickthohir, Senin (15/4/2024).

Erick meminta doa seluruh rakyat Indonesia agar Garuda Muda bisa meraih hasil positif dalam turnamen Piala Asia U-23 yang baru kali pertama diikuti ini.

“Kita mulai perjuangan Garuda Muda di Asia hari ini. Bismillah,” tulis Menteri BUMN ini.

“Walau mustahil, kita lawan kemustahilan! Baru saja ada dongeng leverkusen 2022 hampir degradasi, 2 tahun kemudian gak terkalahkan, percayalah, selama bola itu bundar, dongeng sepakbola akan tercipta,” komentar akun @stefanushasbiputra menanggap postingan Erick Thohir.

Laga Berat

Tim Garuda Muda akan menjalani laga perdana nan berat menghadapi tuan rumah Qatar dalam turnamen Piala Asia U-23, Senin (15/4/2024) pukul 22.00 WIB.

Laga yang disiarkan langsung RCTI itu digelar di Jassim Bin Hamad Stadium, tempat Timnas Indonesia dibantai Australia 4-0 pada babak 16 Besar Piala Asia, 28 Januari 2024 lalu.

Menariknya, sebagian dari skuad Garuda Muda adalah bagian dari tim yang sama di stadion tersebut.

Mereka antara lain Ernando Ari (Persebaya), Rizky Ridho (Persija), Ramadhan Sananta (Persis), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Pratama Arhan (Suwon FC), Ivar Jenner (FC Utrecht), Hokky Caraka (PSS Sleman), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Stadion Jassim Bin Hamad merupakan stadion berkapasitas 15.000 penonton yang terletak di Doha, Qatar.

Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola dan merupakan markas dari klub Al-Sadd yang dibangun sejak 1975.

Tak ingin kembali kalah, kini Garuda Muda mengusung misi kemenangan meski harus menghadapi tuan rumah Qatar yang didukung ribuan suporternya.

Pelatih Shin Tae-yong menargetkan misi yang nyaris mustahil yakni lolos ke empat besar dalam turnamen yang baru kali pertama diikuti Timnas U-23 Indonesia itu.

“Saya sebenarnya penginnya 8 Besar cukup tapi Shin Tae-yong maunya empat besar dan lolos olimpiade. Kalau bisa, kenapa tidak?” kata Ketum PSSI Erick Thohir, beberapa waktu lalu.

Striker Rafael Struick menegaskan siap memberikan penampilan terbaik dalam turnamen level Asia di kelompok umur ini.

“Ada beberapa yang (pemain) baru tapi beberapa yang Januari (Piala Asia) jadi tidak terlalu sulit untuk adaptasi,” ujar pencetak satu gol ke gawang China Taipei dalam Kualifikasi Piala Asia U-23, September 2023 lalu di Solo.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia dan tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024).

Dua gol kemenangan Australia ke gawang Indonesia tercipta di babak pertama.

Meski tertinggal dua gol, Timnas Indonesia lebih menguasai laga dan banyak peluang untuk mengancam gawang Australia.

Hingga sepuluh menit, laga berjalan imbang. Namun Australia berhasil membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Elkan Baggott.

Gol Australia terbilang beruntung setelah bola umpan silang Jakcson Irvine mengenai Baggott dan berubah arah hingga masuk ke gawang Ernando Ari.



Indonesia juga mempunyai sejumlah peluang untuk mencetak gol namun gagal menjebol gawang kiper Australia.

Penampilan impresif Indonesia itu menuai banyak pujian dari komentator luar negeri.

Bahkan pelatih Australia Graham James Arnold mengaku terkejut melihat penampilan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya