SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe-A-On, pemain Swansea City yang dikabarkan tertarik membela timnas Indonesia (Instagram/nathantjoeaon).

Solopos.com, DOHA —  Indonesia mendapat kabar gembira jelang laga perdana Piala Asia U-23 kontra tuan rumah Qatar, Senin (15/4/2024) malam waktu Doha.

Fullback Nathan Tjoe-A-On dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 setelah lobi yang dilakukan Ketum PSSI Erick Thohir kepada klub SC Heereenveen berhasil.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Klub di kasta tertinggi Liga Belanda itu akhirnya melepas Nathan untuk memperkuat Garuda Muda.

Namun karena datang terlambat, besar kemungkinan Nathan baru akan berlaga pada laga kedua melawan Australia, Kamis (18/4/2024).

Kondisi yang sama dialami pilar Merah Putih yang bermain untuk klub Liga 1 Jepang, Cerezo Osaka yakni Justin Hubner.

Bisa bermainnya Nathan Tjoe-A-On tidak lepas dari kerja keras Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang melobi Heerenveen.

Klub di Eredivisie ini akhirnya melepas Nathan Tjoe-A-on merumput di Piala Asia U-23.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (15/4/2024), Erick mengabarkan Heerenveen melepas Nathan pada 14 April, atau sehari sebelum laga pembuka melawan Qatar.

Dikabarkan pemain berusia  22 tahun itu tengah dalam perjalanan menuju Qatar.

“Kami baru mendapat kabar baik bahwa Nathan bisa tampil di Piala Asia U-23. Nathan akan bergabung di Doha tanggal 15 pagi,” ujar Erick Thohir.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-23 melawan Qatar akan berlangsung pukul 22.30 WIB, atau 18.30 waktu setempat.

Kabar bergabungnya Nathan semakin menyuntik kekuatan timnas yang akan menghuni grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Sebelumnya skuad asuhan Shin Tae Yong sudah diperkuat seluruh pemain terbaik yang merumput di Liga 1.

“Itu artinya PSSI berupaya semaksimal mungkin agar pemain-pemain dapat bergabung, baik pemain dari liga 1, maupun yang bermain di luar negeri. Dan saya bersyukur meski membutuhkan waktu tapi hampir seluruh pemain dilepas klubnya,” kata Erick.

Timnas akan memainkan laga pembuka melawan tuan rumah Qatar pada 15 April 2024. Tiga hari berselang, timnas melawan Australia.

Laga terakhir stage group timnas akan berlangsung 21 April melawan Yordania.

Bagi Garuda Muda, ini adalah kali pertama menembus turnamen Piala Asia U-23 dan langsung tergabung bersama Qatar, Australia dan Yordania di Grup A.

Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong menargetkan Indonesia lolos hingga ke empat besar.

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-23, ketiga negara lainnya di Grup A bahkan sudah memiliki sejarah apik di Piala Asia U-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya