SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menyapa sejumlah pemain Timnas U-20 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). (Biro Pers Setpres/Kris)

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia tergabung bersama Korea Utara, Kyrgyzstan, dan Taiwan di Grup F pada ajang Asian Games 2022 yang digelar 23 September-8 Oktober 2023 mendatang.

Itu berdasar drawing cabang olahraga (cabor) sepak bola yang dilakukan di Hangzhou, China, Kamis (27/7/2023).

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Kamis, sebanyak 23 negara yang mengikuti drawing dibagi ke dalam enam grup.

Setiap grup berisi empat negara dan kecuali Grup D yang berisikan tiga negara. Indonesia masuk ke dalam Pot 2 bersama Bangladesh, Saudi Arabia, Suriah, Palestina, dan Bahrain. Setelah itu dilakukan drawing grup.

“Bismillah, saya melihat tidak ada grup yang mudah. Tetapi kita optimistis dan semakin semangat dalam menghadapi Asian Games nanti,” kata pelatih timnas Indonesia untuk Asian Games, Indra Sjafri.

“Kita akan semakin intens mengidentifikasi dan mengamati pemain-pemain yang sedang berkompetisi di liga. Dan tentunya komunikasi dengan pelatih-pelatih klub untuk mendapatkan informasi tentang pemain yang main di klub masing-masing,” tambahnya.

Cabor sepak bola di Asian Games 2022 akan dilangsungkan pada 19 September-7 Oktober 2023. Sebanyak delapan venue terpilih untuk menggelar rangkaian pertandingan cabor sepak bola putra di Hangzhou, China.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjuk Indra Sjafri untuk melatih timnas U-20 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2022.

Timnas U-20 sudah terbentuk dan sedianya berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Namun, timnas U-20 harus dibubarkan karena Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

PSSI mengagendakan timnas U-20 untuk mengikuti kompetisi Asian Games di Guang Zhou China dengan tujuan memberikan pengalaman bertanding di tingkat Asia.

Berdasarkan regulasi, pemain yang berlaga di ajang Asian Games 2023 adalah timnas U-24. Namun Erick mengirimkan para pemain muda usia 20 tahun sebagai persiapan untuk menghadapi laga-laga yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Mantan Presiden Inter Milan itu tidak menargetkan apa pun pada timnas U-20 di ajang Asian Games mendatang. Timnas U-20 diberikan pengalaman bertanding untuk disiapkan menjadi timnas U-21 pada tahun depan, U-22 pada tahun selanjutnya, dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya