SOLOPOS.COM - Trofi Ballon d'Or. (Twitter).

Solopos.com, JAKARTA–Berapakah hadiah yang diterima megabintang Lionel Messi yang menerima Ballon d’Or 2023? Pertanyaan itu muncul karena banyak yang penasaran. Berikut ini jawabannya.

Lionel Messi mengukir sejarah sebagai pemain yang mendapatkan Ballon d’Or terbanyak yakni delapan seusai menerima penghargaan itu pada edisi tahun ini.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

La Pulga yang saat ini memperkuat klub Amerika Serikat Inter Miami itu menerimanya pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB.

Sebelumnya, dia menang Ballon d’Or pada 2009, 2010, 2011, 2015, 2016, 2019, dan 2021.

Bahkan, Guiness World Records mencatatnya sebagai Pemain Terbaik Dunia seusai memenangkan penghargaan prestius dari Majalah France Football itu. Lalu bagaimana soal hadiah Ballon d’Or 2023?

Dikutip dari sejumlah sumber, Rabu (1/11/2023), penyelenggara Ballon d’Or ternyata tak memberi hadiah uang kepada para pemenang.

Mereka hanya mendapat replika bola emas. Meski berjuluk bola emas, tetapi trofi berbentuk bola seberat 7 kg itu tidak berasal dari emas secara keseluruhan.

Trofi itu dibuat dengan bahan utama lilin seberat 2 kg. Sedangkan, 5 kg lima sisanya adalah berat bahan pelapis yang terbuat dari emas 18 karat dengan biaya pembuatan hingga 3.000 Euro atau sekitar Rp84,2 juta.

Masih terkait hadiah Ballon d’Or 2023, pemenang bisa saja menerima uang atau bonus, tetapi dari sponsor atau klub sesuai kesepakatan dalam kontrak sebagai bentuk apresiasi kepada pemain berprestasi.

Becermin pada bonus yang pernah diterima peraih Ballon d’Or sebelumnya, jumlah bonus yang diberikan cukup besar.

Bonus pemenang Ballon d’Or senilai 800.000 Euro atau sekitar Rp13,4 miliar (kurs pada Rabu) pernah dirasakan Luka Modric pada 2018. Uang apresiasi itu diterima Modric dari Nike sebagai sponsor utama.

Sementara itu, Karim Benzema yang menjadi pemenang Ballon d’Or 2022 lalu mendapat bonus 2 juta Euro atau setara Rp33,7 miliar dari klubnya saat itu, Real Madrid.

Sedangkan, Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain bintang juga memiliki klausul bonus 4 juta Euro atau sekitar Rp67,4 miliar jika ia berhasil menjadi pemenang Ballon d’Or ketika itu.

Hingga informasi ini disampaikan ada tidaknya bonus untuk Lionel Messi setelah menerima Ballon d’Or belum diketahui. Itulah informasi mengenai hadiah Ballon d’Or 2023.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Menang Ballon d’Or 2023, Messi Dinobatkan Jadi GOAT oleh Guiness World Records”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya