SOLOPOS.COM - Pemain tim Serie B Italia Venezia, Jay Idzes, yang sedang menjalani proses naturalisasi menjadi WNI. (Instagra,/jayidzes).

Solopos.com, SOLO–Impian bek tim Serie B Italia, Jay Idzes, menjadi pemain timnas Indonesia dari jalur naturalisasi sedikit lagi terwujud.

PSSI memberi informasi perkembangan proses naturalisasi pemain Venezia tersebut. Jika impiannya terwujud, Jay Idzes bakal menjadi paling pintu pertahanan skuad Garuda bersama Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga belum lama ini menyampaikan saat ini proses naturalisasi Jay Idzes sudah mencapai tahap di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Sebelumnya, naturalisasi Jay Idzes sudah melalui proses di Kedubes Belanda, kemudian mendapatkan rekomendasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Kemarin sudah beres dari Kedubesnya, Belanda, kemudian dari rekomendasi Kemenpora, sekarang masuk ke Kemenhumkam. Mudahan-mudahan habis ini urusan kewarganegaraan,” kata Arya Sinulingga beberapa waktu lalu.

Dia menyebut proses naturlisasi Jay Idzes masih panjang. Setelah di Kemenkumham selesai, proses selanjutnya masuk ke Presiden. Kemudian, naturalisasi Jay Idzes diusulkan kepada DPR.

“Setelah itu [dari Kemenkumham] masuk ke Mensesneg, masuk ke Presiden, diusulkan ke DPR, ketika DPR biasanya ada sidang, bisa online, Komisi X dan III, setelah itu Paripurna DPR, dilihat lagi jadwal Paripurna DRP kapan, akan kami sesuaikan,” lanjut Arya.

Setelah itu masih ada proses lagi. Setelah diparipurnakan DPR, dalam proses naturalisasi ini Jay Idzes masih harus menunggu Keputusan Presiden (Keppres) untuk pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

“Masuk [lagi] ke Presiden, keluarlah Keppres [Keputusan Presiden]. Baru diambil sumpah [kewarganegaraan], setelah itu pastikan lagi berpindah federasi,” imbuh Arya.

Jay Idzes dikabarkan ingin proses naturalisasinya rampung pada tahun ini agar bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala Asia 2024 di Qatar. Pada ajang itu Indonesia menghuni Grup D bersama Jepang, Irak, dan negara Asia Tenggara lainnya Vietnam.

Bek 23 tahun itu mengaku merasa terhormat membela Indonesia yang merupakan kampung halaman kakek dan neneknya.

Jay Idzes menambah panjang daftar pemain keturunan yang dinaturalisasi PSSI. Sebelumnya, sejumlah pemain keturunan sukses dinaturalisasi dan membela timnas Indonesia.

Mereka meliputi Rafael William Struick (Ado Den Haag), Ivar Jenner (FC Utrecht), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Jordi Amat Maas (Johor Darul Ta’zim FC), Shayne Elian Jay Pattynama (Viking FK), dan Sandy Henny Walsh (KV Mechelen).

Layak ditunggu bagaimana proses naturalisasi Jay Idzes selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya