SOLOPOS.COM - Pemain diaspora, Jens Raven mencetak gol perdananya untuk Merah Putih ke gawang Filipina di Grup A Piala AFF di Stadion GBT Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam. (Ist/pssi)

Solopos.com, SURABAYA — Jens Raven, pemain keturunan yang belum lama ini menjadi WNI mencetak gol perdananya untuk Indonesia, saat Timnas U-19 Indonesia menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (17/7/2024).

Gol pemain yang memiliki nenek asal Yogyakarta itu menjadi penutup banjir gol 6-0 ke gawang Filipina.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Indonesia mengambil alih puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 dari Timor Leste yang di laga sebelumnya menang 3-2 atas Kamboja.

Raven dimasukkan di menit ke-68 menggantikan Arkhan Kaka yang bermain sebagai starter.

Setelah bermain 19 menit di lapangan, Jens Raven mencetak gol di menit ke-87 berkat umpan dari salah satu rekannya, Afrizal yang merebut bola dari pemain Filipina.

Dengan tenang, Raven yang tinggal berhadapan dengan kiper menyontek bola dengan pelan melewati kaki sang penjaga gawang.

Duo Persija

Sebelumnya, duo Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas dan Arlyansyah, mengulangi kerja sama cantik di babak pertama untuk menambah gol Timnas U-19 Indonesia menjadi 5-0 atas Filipina, Rabu (17/7/2024) malam.

Dengan skenario yang mirip, Dony merangsek dari sisi kanan pertahanan Filipina lalu mengirim umpan ke arah gawang.

Arlyansyah yang berlari dari second line berhasil menyambut bola untuk menggetarkan gawang Filipina. Skor sementara 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, babak pertama pertama berakhir, Timnas U-19 Indonesia unggul 4-0 atas Filipina dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam.

Garuda Muda unggul melalui brace bek M. Iqbal Gwijangge di menit ke-22 dan 42, Kadek Arel Priyatna (28′) dan Arlyansyah Abdulmanan (12′).

Tim asuhan Indra Sjafri unggul saat laga baru berjalan 12 menit.

Gelandang Arlyansyah Abdulmanan membobol gawang Filipina U-19 untuk memberi keunggulan sementara Garuda Muda.

Arlyansyah memanfaatkan umpan dari rekannya di Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas dari sisi kanan pertahanan Filipina.

Bola menyilang itu gagal dipatahkan penjaga gawang Filipina sehingga meluncur ke sisi kiri pertahanan dan disambut dengan kaki kanan oleh Arlyansyah.

Timnas U-19 Indonesia mengurung pertahanan Filipina sejak awal laga. Beberapa kali para pemain Indonesia berhasil merangsek hingga kotak penalti lawan.

Saat laga memasuki menit ke-22, bek Garuda Muda, M. Iqbal Gwijangge menambah keunggulan menjadi 2-0. Ia memanfaatkan bola lambung umpan dari rekannya di sisi kiri pertahanan Filipina.

Unggul 2-0 Garuda Muda tak mengendurkan serangan. Hasilnya, menit ke-28 giliran Kadek Arel Priyatna yang mencatatkan namanya di papan skor juga dengan sundulan kepala.

Saat laga mendekati menit-menit akhir, Iqbal Gwijangge kembali mencetak gol melalui kaki kanannya.

Pemain yang turut andil membela Indonesia dalam Piala Dunia U-17 tahun 2023 lalu itu berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Filipina.

Tendangan kaki kanannya di menit ke-42 tak mampu ditepis kiper Filipina.

Mainkan Arkhan Kaka

Pelatih Indra Sjafri memainkan penyerang Persis Solo, Arkhan Kaka dalam starting line up Garuda Muda menghadapi Filipina di laga perdana Grup A Piala AFF U-19, Kamis (17/7/2024) malam ini.

Indra Sjafri menyimpan striker FC Dordrecht, Jens Raven meski ada kemungkinan dimainkan di babak kedua.

Di bawah mistar gawang, ia memilih kiper Semen Padang Ikram Algiffari dibandingkan dua penjaga gawang lainnya yakni I Wayan Artha Wiguna (Bali United) dan Fitrah Maulana Ridwan (Persib Bandung).



Pemain yang menjadi andalan saat Toulon Cup Paris beberapa waktu lalu dimainkan di antaranya kapten Dony Tri Pamungkas (Persija), M. Iqbal Gwijangge (Barito Putera), hingga Figo Dennis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya