SOLOPOS.COM - Para pemain Wonogiri United dan pendamping merayakan gelar juara Kejurnas Moch Soebroto Cup II 2023 di Lapangan Moch Soebroto Kota Magelang, 16 Juli 2023 lalu. (Istimewa/Wiyanto).

Solopos.com, SOLO–Sekolah Sepak Bola (SSB) Wonogiri United menjadi juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Moch Soebroto Cup II 2023 di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang, 14-16 Juli 2023 lalu.

Wonogiri United menjadi kampiun turnamen sepak bola U-12 tingkat nasional itu setelah menundukkan Perseba Demak dengan skor 3-0 di partai final. Atas hasil ini, Wonogiri United mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Tak hanyaitu, penyerang Wonogiri United, Devas, menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak dengan mengoleksi 11 gol dalam turnamen tersebut.

Pemain lain Wonogiri United, M.J. Ihsan atau akrab disapa Ihsan Kriwil juga menorehkan catatan apik. Dia menjadi satu-satunya pemain yang menciptakan gol dari tendangan penjuru secara langsung.

Manajer Wonogiri United Wiyanto atau akrab disapa Antok kepada Solopos.com, Senin (24/7/2023), mengaku sangat bangga dengan capaian anak-anak didiknya. Dia berharap pencapaian ini memotivasi mereka untuk terus mengukir prestasi di masa depan.

Antok menginformasikan ada enam pemain yang mencetak gol pada kejurnas yang diikuti 24 SSB itu. Total mereka menciptakan 19 gol selama turnamen dari babak penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semifinal, dan final. Tiga pemain yang mencetak gol terbanyak meliputi Devas 11 gol, Atta tiga gol, dan Dayan dua gol.

“Ini pencapaian yang manis di tahun ini. Wonogiri United ini di bawah binaan Bapak A.S. Joko Prayitno [tokoh Wonogiri]. Pak Bupati [Bupati Wonogiri Joko Sutopo] juga memberi apresiasi kepada anak-anak. Ini menjadi motivasi mereka untuk mengukir prestasi lagi ke depannya,” kata Antok.

Dia bersyukur selama melakoni pertandingan tidak ada anak asuhnya yang cedera. Antok menjelaskan pada turnamen usia dini itu setiap tim terdiri atas tujuh pemain.

Mereka bermain di lapangan yang disesuaikan dengan usia mereka. Wonogiri United mampu menumbangkan lawan di setiap babak hingga menembus partai final.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam keterangannya memberi apresiasi kepada anak-anak Wonogiri United yang mengharumkan nama daerah di kancah nasional melalui sepak bola usia dini.

Lelaki yang akrab disapa Jekek itu berharap mereka mengukir prestasi lebih banyak lagi ke depan. Dia juga mengapresiasi Antok sebagai manajer tim yang mampu membawa Wonogiri United juara Kejurnas Piala Moch Soebroto Cup II 2023.

“Salam untuk tim Wonogiri United yang sangat luar biasa. Semoga ke depan akan semakin banyak prestasi yang diraih sebagai wujud dari buah pelatihan dari tangan dingin seorang manajer yang jos,” kata Bupati.

Gelar ini merupakan gelar juara kedua yang diraih Wonogiri United. Sebelumnya, Wonogiri United menjuarai turnamen  kelompok umur (KU) kelahiran 2011 tingkat Jawa Tengah-DIY dalam rangka HUT Magelang.

Pada 2022 lalu, Wonogiri United menyabet enam gelar yang tiga di antaranya juara I seperti juara turnamen turnamen KU kelahiran 2011 tingkat Jawa Tengah Tunas Bangsa Kartasura, juara turnamen KU kelahiran 2011 Festival Sukoharjo, dan juara turnamen KU kelahiran 2011 tingkat Jawa Tengah-DIY Anniversary DBMK Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya