SOLOPOS.COM - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia melakukan selebrasi saat menjadi jawara MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello, Minggu (11/5/2023). Dia kembali menjadi juara pada MotoGP Belanda, Minggu (25/6/2023).(Instagram/@pecco63).

Solopos.com, JAKARTA–Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia berhasil mempertahankan gelarnya sebagai penakluk Sirkuit Assen selama dua tahun berturut-turut di MotoGP Belanda tahun ini, Minggu (25/6/2023).

Bagnaia finis pertama dengan catatan waktu 40 menit 37,64 detik dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berada di belakangnya dengan jarak waktu hanya 1,223 detik dari sang juara.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Rasanya fantastis! Ini bukan balapan yang mudah karena semuanya juga berjuang keras untuk menjadi yang terdepan. Saya sangat menyukai lintasan ini dan dengan para penontonnya. Assen sangat luar biasa!” kata pembalap yang akrap disapa Pecco itu dikutip dari Antara yang melansir AFP.

Pembalap Red Bull KTM Brad Binder yang seharusnya berdiri di podium bersama dua pebalap Ducati di depannya, harus merelakan posisinya diambil oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) lantaran terkena penalti karena melebihi batas trek (track limit).

Binder yang tampil kuat di balapan utama hanya terpaut 1,528 detik dari Bagnaia, sementara Espargaro yang akhirnya meraih posisi ketiga memiliki selisih waktu 1,925 detik dari Pecco.

Melengkapi daftar 10 besar, ada Jorge Martin (Prima Pramac) di posisi kelima dengan selisih waktu 1,934 detik dari sang juara. Lalu di belakangnya ada Alex Marquez (Gresini Racing), Luca Marini (Mooney VR46), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), dan Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3).

Dengan kemenangan ini, Bagnaia masih memimpin klasemen MotoGP musim ini dengan total 194 poin. Martin berada di belakangnya dengan 159 poin, Bezzecchi di posisi ketiga dengan selisih satu poin saja dari Martin. Binder dan Johann Zarco masing-masing berada di posisi keempat dan kelima dengan 114 dan 109 poin.

Di sisi lain, serangkaian kecelakaan juga menghiasi GP Belanda musim ini. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Zarco mengalami kecelakaan sehingga tidak dapat menyelesaikan balapan (DNF).

Jack Miller (Red Bull KTM) juga tersingkir terlebih dahulu di awal balapan karena terjatuh. Demikian halnya dengan Maverick Vinales (Aprilia Racing). Dia terjatuh seusai mencoba mengamankan lima posisi terdepan.

Rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini juga tidak menyelesaikan balapan usai 20 lap, diduga karena masalah teknis pada motornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya