SOLOPOS.COM - Pemain klub Premier League, Justin Hubner, menjalani debut pertama bersama Timnas Indonesia versus Libya dengan buruk, Selasa (2/1/2024). Ia mengaku terkejut dengan sistem permainan Timnas Indonesia. (pssi.org)

Solopos.com, ANTALYA — Satu-satunya pemain Indonesia yang bergabung ke klub Premier League, Justin Hubner, menjalani debut pertama bersama Timnas senior dengan buruk.

Ia membuat dua kali blunder fatal yang berakibat gol sehingga laga uji coba berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Libya.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Justin Hubner langsung meminta maaf kepada penggemarnya di Tanah Air atas noda hitam tersebut.

Sorry for the goal guys. We keep going and doing better than that we showed today (Maaf atas golnya kawan, kami terus melaju dan melakukan lebih baik dari yang kami tunjukkan hari ini),” tulis Hubner di status Instagramnya, tak lama setelah laga usai.

Di laman PSSI Hubner mengaku terkejut dengan sistem permainan di Timnas Indonesia senior.

Kendati sudah pernah bermain di Timnas kelompok umur bersama rekan-rekannya, Hubner mengaku cukup kesulitan dalam laga di babak kedua versus Libya itu.

“Ini adalah pertandingan pertama saya. Laga ini sungguh sulit karena sistem baru untuk saya, formasi baru untuk saya. Jadi, benar-benar laga yang sulit untuk dimainkan. Namun saya tetap senang bisa memainkan laga pertama saya bersama timnas Indonesia,” kata Justin Hubner.

Terlepas dari blunder yang dilakukan, permainan Hubner memang sangat menjanjikan. Ia memiliki ketenangan tinggi, umpannya juga berkelas dengan kemampuan passing kelas Eropa.

Tak heran jika klub kasta teratas Liga Inggris  Wolverhampton Wanderers memberinya kontrak hingga tahun 2025 mendatang.

Meski belum dimainkan di tim utama, Hubner yang merupakan kapten Wolverhampton Wanderers U21 sudah masuk ke bangku cadangan.

Ia terlihat duduk di bangku cadangan saat klubnya melawat ke kandang Arsenal dan kalah 1-2 pada Desember 2023 lalu.

Diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 0-4 pada laga uji coba di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024).

Empat gol Libya dihasilkan Ahmed Ekrawa pada menit ke-26, Omar Al Khouja 58′, Elgelaib 90+1′ dan Alaa Al Qajdar menit 90+2′.

Dimainkannya Hubner agak mengejutkan. Pasalnya, ia baru bergabung bersama skuad Garuda satu hari sebelum laga uji coba.

Dia tidak ikut pemusatan latihan timnas Indonesia sejak awal digelar di Turki.

Pelatih Shin Tae-yong punya alasan khusus memainkan Justin Hubner.

Mantan bintang Timnas Korsel itu mengatakan kondisi fisik Hubner cukup bagus untuk menjalani laga.

“Seperti yang sudah saya katakan, uji coba ini untuk mempertajam taktik dan melihat kondisi fisik pemain. Untuk Justin Hubner, saya yakin bisa langsung bermain, saya juga sudah bertanya kepadanya dan dia yakin bisa bermain 45 menit. Justin bisa lebih awal menyesuaikan dengan teman-teman lainnya,” tambahnya.

Pertemuan kedua Indonesia vs Libya dalam uji coba kedua akan berlangsung pada Jumat (5/1) mendatang.
Berbeda dengan laga perdana yang tidak dihitung poin, pada laga kedua itu akan mempengaruhi poin di peringkat FIFA.

Uji coba merupakan pemanasan buat Indonesia menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya