SOLOPOS.COM - Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U23 Qatar. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Skuad Garuda Muda bertekad meraih tiket Olimpiade Paris lebih cepat pada pertandingan kontra Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam ini pukul 21.00 WIB.

Namun jika gagal meraih malam ini, Indonesia masih punya dua peluang lagi untuk pergi ke Paris, Prancis pada 26 Juli mendatang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jika kalah dari Uzbekistan malam ini, Indonesia memang gagal menjadi juara Piala Asia U-23 dalam debutnya.

Namun Indonesia masih punya peluang menjadi juara ketiga yang juga otomatis mendapatkan tiket olimpiade.

Juara ketiga akan diperebutkan oleh dua tim yang kalah, di mana di laga semifinal lainnya mempertemukan Jepang versus Irak.

Jika pun kalah menjadi juara ketiga, Indonesia masih punya peluang ke Olimpiade Paris 2024 melalui laga play off melawan wakil dari Afrika, Guinea.

Dengan skuad yang ada saat ini, mengalahkan Guinea juga bukan hal yang mustahil.

Tim senior negara di Benua Afrika itu sekarang berada di peringkat 76 FIFA.

Saat ini Timnas U-23 asuhan Shin Tae-yong sedang dalam kepercayaan tinggi seusai mengalahkan tim-tim kuat Asia.

Setelah kalah 0-2 secara kontroversial dari Qatar di fase grup Piala Asia U-23, Marselino Ferdinan dkk. secara mengejutkan mengalahkan Australia, Yordania dan terakhir Korea Selatan.

Tim senior Australia berada di peringkat 24 FIFA, Yordania 71 dunia, dan Korea Selatan di posisi 23.

Tim Garuda Muda juga sedang dalam optimisme tinggi untuk menjadikan tim mewah Uzbekistan U-23 sebagai korban berikutnya.

“Kami menonton pertandingan mereka melawan Arab Saudi. Saya pikir mereka adalah tim yang bagus. Mereka juga menang (di babak grup) dengan sembilan poin dan nol gol. Jadi, ya, ini adalah tim yang kuat. Tapi kami juga tim kuat, lebih kuat. Jadi ini akan menjadi pertandingan yang bagus,” ucap Rafael Struick yang harus absen nanti malam karena akumulasi kartu kuning, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Senin.

Skuad Merah Putih juga mendapat asupan semangat dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang sudah berada di Qatar untuk mendampingi mereka di stadion.

Erick Thohir membakar semangat para pemain Timnas U-23 Indonesia agar tak gentar menghadapi Uzbekistan.

“Berikan yang terbaik untuk Merah Putih. Ini mimpi Anda, mimpi keluarga Anda. Jerih payah yang sudah kalian lakukan, bertahun-tahun, dengan tangis, dengan keletihan. Bahkan kemarin juga Lebaran, tidak melakukan kebersamaan dengan keluarga. Adalah sebuah tentu pengorbanan yang tidak bisa dihitung. Tetapi jangan menangis di lapangan karena kita tidak bisa memberikan yang terbaik. Justru kita harus menangis di lapangan karena kita mencapai mimpi kita,” kata mantan Presiden klub Inter Milan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya