SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe Aon saat debut bersama Timnas Indonesia kontra Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion GBK, Kamis (21/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga membenarkan Nathan Tjoe Aon sudah kembali ke klubnya SC Heerenveen di Amsterdam, Belanda seusai mengantarkan Garuda Muda lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23.

Menurut Arya, Ketum PSSI Erick Thohir masih melobi petinggi SC Heerenveen agar Nathan diizinkan kembali membela Merah Putih di fase gugur Piala Asia U-23.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Iya benar, setelah laga itu Nathan langsung terbang ke Amsterdam. Tapi Pak Ketum masih mengusahakan yang terbaik,” ujar Arya seperti dikutip Solopos.com dari video yang diunggah di akun Instagram @arya.m.sinulingga, Senin (22/4/2024).

Arya menceritakan sebenarnya SC Heerenveen tidak mengizinkan Nathan bergabung ke Timnas karena Piala Asia U-23 tidak masuk kalender FIFA.

Karena PSSI memasang target lolos fase gugur, kata dia, Erick Thohir terus melobi agar SC Heerenveen melepas Nathan.

Apalagi di klubnya Nathan bukan merupakan pemain inti alias cadangan.

Lobi tersebut, lanjut Arya, berhasil sehingga Nathan diizinkan satu pekan bersama Timnas U-23 hingga laga fase grup berakhir.

“Jadi kita menghormati perjanjian. Kan janjinya dipinjam sampai target lolos fase grup tercapai, dan tercapai kan? Nah sekarang dikembalikan lagi. Tapi Pak Ketum masih terus mengupayakan,” tandas Arya.

Meski hanya cadangan di SC Heerenveen namun peran Nathan Tjoe Aon di skuad Garuda Muda sangat krusial.

Berposisi asli full back kiri, Nathan diubah Shin Tae-yong menjadi menjadi gelandang box to box yang sangat militan.

Pemain yang aslinya bermain untuk Swansea City di Liga Inggris itu mampu menjelajah seluruh lapangan dan memberikan umpan-umpan matang ke lini depan Timnas.

Karena peran krusialnya tersebut Timnas mampu mengalahkan dua tim kuat yakni Australia dan Yordania serta lolos dari fase grup.

Dalam laga perdana kontra tuan rumah Qatar, Indonesia sebenarnya juga berpeluang besar menang.

Namun keberpihakan wasit kepada tuan rumah yang begitu mencolok membuat Merah Putih harus terpaksa kalah 0-2.

Qatar dan Indonesia sama-sama lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23 dan akan bertemu Jepang dan Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya