SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol Asnawi Mangkualam ke gawang Vietnam dalam laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024). (pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Tim Nasional Indonesia akan menjalani laga hidup mati melawan Jepang, Rabu (24/1/2024), untuk merebut posisi runner up atau peringkat tiga terbaik sebagai jalan lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023.

Jika menang atas Jepang, Tim Garuda otomatis bakal lolos sebagai runner up. Jika bisa menahan imbang, Asnawi Mangkualam dkk. bakal berpeluang besar melenggang sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup D.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Sesuai regulasi AFC, empat tim berperingkat tiga terbaik dari enam grup akan lolos ke babak selanjutnya di Piala Asia.

Berdasarkan informasi yang dikutip Solopos.com dari laman AFC, pada Senin (22/1/2024) ini Indonesia berada di posisi kedua dari empat tim berperingkat tiga terbaik.

Di posisi pertama adalah Bahrain yang mempunyai nilai tiga sama dengan Indonesia namun unggul penilaian fairplay.

Empat tim masing-masing Oman, Suriah, Tajikistan dan Palestina memiliki satu poin dan masih ada peluang untuk menambah angka dalam laga terakhir mereka.

Timnas Indonesia masih bisa melenggang sebagai peringkat tiga terbaik jika kalah dari Jepang namun keempat tim di atas juga sama-sama kalah atau imbang.

Oman menjadi ancaman bagi timnas Indonesia lantaran pada laga ketiga mendatang menghadapi Kirgistan yang kini menempati dasar klasemen Grup F.

Suriah menjadi ancaman karena melawan India yang merupakan tim terlemah di Grup B pada laga pamungkas.

Palestina bakal menghadapi tim terlemah grup C, Hong Kong. Demikian pula Tajikistan yang akan melawan tim terlemah Grup A, Lebanon.

Untuk laga terakhir fase grup, Tajikistan versus Lebanon dilangsungkan pada Senin (22/1/2024), Suriah vs India pada Selasa (23/1/2024), Palestina vs Hong Kong pada Selasa (23/1/2024), dan Kirgistan akan menghadapi Oman pada Kamis (25/1/2024).

Laga Jepang vs Indonesia akan dilangsungkan di Al Thumama Stadium, Doha pada Rabu (24/1/2024) pukul 14.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.

Jepang dipastikan bakal bermain total karena mereka juga masih memburu poin untuk bisa lolos ke 16 Besar.

Sama dengan Indonesia, saat ini Jepang mengoleksi tiga poin namun unggul selisih gol dari Skuad Garuda.

Jepang menang 4-2 atas Vietnam dan kalah 1-2 dari Irak. Sedangkan Indonesia kalah 1-3 dari Irak dan menang 1-0 atas Vietnam

Irak sudah mengunci satu tiket di Babak 16 Besar sedangkan Vietnam tersingkir apapun hasil di laga terakhir mereka melawan Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya