SOLOPOS.COM - Klasemen sementara pembalap MotoGP 2023 sebelum balapan utama GP Valencia, Minggu (26/11/2023) malam WIB. (Twitter (X)/@MotoGP)

Solopos.com, JAKARTA –  Klasemen MotoGP terbaru membuat juara dunia musim 2023 harus ditentukan hingga main race terakhir di GP Valencia pada Minggu (26/11/2023) malam WIB.

Sesuai jadwal yang telah dirilis otoritas MotoGP, main race atau balapan utama GP Valencia akan digelar pada Minggu pukul 21.00 WIB – hingga pukul 21.50 WIB.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Kenapa penentuan juara harus dilakukan pada balapan utama terakhir? Hal itu tak lepas dari hasil sprint race MotoGP Valencia yang membuat persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023 sangat panas.

Pada sprint race di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Spanyol, Sabtu (25/11/2023) malam WIB, jagoan tuan rumah Jorge Martin berhasil keluar sebagai pemenang.

Sementara itu, sang pemimpin klasemen sementara pembalap MotoGP, Francesco Bagnaia justru finis di urutan kelima sprint race tersebut. Hasil ini jelas membuat pesta juara Bagnaia yang sudah di depan mata harus ditunda.

Tambahan 12 poin dari kemenangan sprint race membuat Martin memiliki 428 poin, memperkecil jarak dari pemuncak klasemen Bagnaia dengan selisih 14 poin (442 poin).

Memulai sprint race pada posisi keenam, Martin langsung melesat ke posisi kedua selepas balapan dengan 13 lap itu dimulai. Beberapa saat kemudian, posisi kedua miliknya diambil alih Brad Binder. Martin di posisi ketiga dan Bagnaia ada di belakangnya.

Martin terus menjaga jarak dari dua pembalap teratas, Vinales dan Binder. Sementara itu, di sisi lain, Bagnaia kehilangan posisinya karena didahului Marc Marquez. Memasuki lap keenam, Vinales, Binder, Martin, dan Marquez saling berdekatan dan meninggalkan Bagnaia yang cukup jauh tertinggal di posisi kelima.

Pada lap ketujuh, Binder mengambil posisi pertama dari Vinales. Satu lap kemudian, giliran Martin yang berada di posisi kedua setelah ia mendahului Vinales. Tak menunggu lama, pembalap asal Spanyol itu menempati posisi pertama pada lap yang sama setelah memanfaatkan kesalahan Binder yang terlalu melebar dalam tikungan.

Di sisa lap, Marquez menyalip Vinales untuk mengamankan posisi podium ketiga. Sementara itu, Martin terus melaju dengan motornya di posisi puncak.

Hingga berakhirnya balapan, posisi Martin tidak tergoyahkan untuk menyegel gelar kesembilan sprint race pada musim ini, diikuti Binder pada posisi kedua, dan Marquez di posisi ketiga. Sementara itu, Bagnaia menyelesaikan balapan di posisi kelima.

Kondisi dan hasil dari sprint race MotoGP Valencia 2023 ini membuat penentuan juara akan dilakukan pada balapan 27 lap, Minggu (26/11) pukul 21.00 WIB.

Apabila ingin juara, Martin harus memenangi balapan sembari berharap Bagnaia keluar dari posisi lima besar. Sebaliknya, Bagnaia yang merupakan juara bertahan tinggal membutuhkan finis setidaknya pada posisi kelima untuk mengunci gelar juara dua kali berturut-turut sekaligus mematahkan mitos pemakai nomor 1 pada motor juara bertahan tak akan juara berturut-turut.

Klasemen 10 besar pembalap MotoGP 2023 menjelang balapan utama di Valencia, Minggu (26/11/2023) malam WIB:

No Pembalap Motor Poin
1 Francesco Bagnaia Ducati 442
2 Jorge Martin Ducati 428
3 Marco Bezzecchi Ducati 329
4 Brad Binder KTM 277
5 Johann Zarco Ducati 205
6 Aleix Espargaro Aprilia 198
7 Maverick Vinales Aprilia 198
8 Luca Marini Ducati 194
9 Alex Marquez Ducati 167
10 Fabio Quartararo Yamaha 167

 

Itu tadi ulasan tentang hasil sprint race MotoGP Valencia, Sabtu (25/11/2023) malam WIB di mana penentuan juara dunia harus dilakukan pada balapan utama, Minggu (26/11/2023) malam WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya