SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia berlatih saat pemusatan latihan (TC) di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024). Latihan tersebut merupakan latihan pertama jelang laga uji tanding dan kualifikasi Piala Dunia 2026. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/Spt.

Solopos.com, JAKARTA — Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menghadapi Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024) pukul 16.00 WIB.

Laga ini bakal disiarkan langsung di Indosiar.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Bagi kedua negara, pertandingan ini merupakan pemanasan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah melawan Tanzania, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, Kamis (6/6/2024) dan Filipina, Selasa (11/6/2024).

Sedangkan Tanzania akan menghadapi Zambia, Selasa (11/6/2024).

Untuk itu, Timnas Indonesia yang awalnya mengajukan laga ini sebagai uji coba resmi FIFA membatalkan niat tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam menilai laga esok akan dijadikan bahan evaluasi dan penguatan performa serta melihat peningkatan fisik para pemain.

“Untuk match besok, lebih penting meningkatkan performa dan uji coba fisik para pemain supaya bisa bermain lawan Irak dengan 90 menit penuh daripada melihat hasil,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Terkait hal itu, Shin juga mengakui bahwa dirinya pun masih buta kekuatan Tanzania.

“Jujur ya saya belum sempat analisis Tanzania. Mungkin saya akan lebih fokus pada fisik dan kondisi para pemain kami seperti apa. Jadi akan lebih fokus pada permainan kami sendiri seperti apa saat melawan Tanzania,” ujarnya.

“Untuk itu, besok akan lebih ke cek kondisi para pemain seperti apa, dan tidak akan fokus sama sekali terhadap hasil. Mohon jangan melihat hasil besok seperti apa dan berharap besok hasil harus bagus,” lanjut Shin Tae-yong.

Sejumlah nama yang dibawa juga merupakan skuad terbaik yang bisa dimainkan Shin Tae-yong.

Meski begitu, beberapa nama masih belum bergabung seperti Justin Hubner dan Jay Idzes.

Jordi Amat juga baru saja bergabung dari Johor Darul Ta’zim.

Sedangkan di kubu Tanzania, sang pelatih, Hemed Sulaiman, menyebut, uji coba ini juga menjadi bagian penting jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ia juga mengatakan, ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung dalam uji coba kali ini.

“Kami merasa sangat baik sejak tiba di sini. Memang ada beberapa pemain yang kami tinggalkan di Dar es Salaam [kota tempat pemusatan latihan Tanzania], kami berharap bisa menampilkan yang terbaik. Semua pemain yang datang ke sini adalah pemain terbaik kami dan semua dalam keadaaan siap tampil,” kata dia.

Hemed juga sangat percaya diri untuk bisa memenangkan pertandingan ini.

“Saya percaya kami siap untuk laga besok, dan kami akan bermain baik untuk itu,” tegasnya.

Skuad yang dibawa juga merupakan nama-nama mentereng seperti Novatus Dismas Miroshi (Shakhtar Donestsk), atau pemain muda potensial, Kelvin John (Racing Genk) dan top skor sementara Tanzanua, Saimon Msuva (Al Najmah) yang sudah mengemas 22 gol dari 89 laga.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-3)

Ernando Ari; Shayne Pattynama, Rizky Ridho, Nathan Tjoe-A-On; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Sandy Walsh; Egy Maulana, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Tanzania (4-3-3)



Kwesi Kawawa; Haji Mnoga, Ibrahim Hamad, Bakari Mwamnyeto, Pascal Msindo; Novastus Dismas, Himid Mao, Yahya Zaydi; Ben Starkie, Ibrahim Hamad, Kelvin John

Pelatih: Hemed Sulaiman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya