SOLOPOS.COM - Timnas Kanada U-17 akan menghadapi Spanyol pada pertandingan pertama grup B Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan Solo. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLOTimnas U-17 Kanada memulai petualangan Piala Dunia U-17 dengan menghadapi lawan berat Spanyol dalam laga penyisihan Grup B di Stadion Manahan Solo, pada Jumat (10/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Kanada dan Spanyol tergabung dalam Grup B bersama Uzbekistan dan Mali.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Meskipun Spanyol lebih diunggulkan di laga perdana ini, Kanada berambisi mengumpulkan poin penuh untuk membuka asa mencapai target lolos dari babak penyisihan.

Meskipun sudah berpartisipasi tujuh kali, Kanada belum sekali pun lolos dari fase grup.

Pada Piala Dunia U-17 edisi 2019, Kanada harus pulang dengan hasil minor setelah keluar sebagai juru kunci. Kanada kalah bersaing dengan Brasil, Angola, dan Selandia Baru.

Di ajang kali ini, Kanada kembali lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 untuk kedelapan kali.

Kanada berhal lolos setelah mencapai semifinal Kejuaraan Concacaf U-17 2023. Dari zona itu, empat tim semifinalis mendapat tiket ke Indonesia.

Di semifinal, Kanada kalah 2-0 saat melawan Amerika Serikat yang kemudian menjadi runner up ajang bersangkutan.

Pelatih timnas U-17 Kanada Andrew Olivieri berarap timnya lolos dari fase grup.

Meskipun bukan target tinggi, Kanada bisa mendapat segudang pengalaman untuk bersaing di kancah senior.

“Piala Dunia adalah puncak dari event sepak bola. Pemain muda bertalenta kami sangat butuh pengalaman untuk naik level dalam perjalanan menuju yang tertinggi di tingkat global,” kata Olivieri dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Olivieri berharap tim besutannya semakin disiplin bermain secara kolektif.

Tim asuhannya juga diharapkan bisa tampil lebih berani di Indonesia. Hal ini sangat penting apabila ingin lolos dari penyisihan grup untuk kali pertama di Piala Dunia U-17.

Direktur pembinaan pemain muda Kanada ini menegaskan apabila target ini mampu terwujud, tidak menutup kemungkinan pemain muda Kanada akan bersinar di level senior.

Olivieri sukses memboyong para pemain yang memperkuat klub-klub di Amerika Serikat, Prancis, Jerman, dan Polandia.

Sepak bola Kanada, saat ini, memasuki generasi emas dengan kemunculan Alphonso Davies yang turut membawa Bayern Munich memenangi Liga Champions. Davies juga tercatat sebagai pemain termahal dalam sejarah Kanada.

Selain Davies ada Jonathan David yang bergabung dengan klub Ligue 1 Prancis Lille.

Kanada juga berhasil lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama yakni saat Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meski hanya bertahan sampai penyisihan grup, tetapi Kanada sudah mencatatkan prestasi gemilang tampil di Piala Dunia.

Bahkan, Kanada juga sudah memastikan diri akan tampil di Piala Dunia 2026 lewat jalur tuan rumah bersama Amerika Serikat dan Meksiko.

Peluang ini membuat Olivieri bakal habis-habisan di Piala Dunia U-17 ini. Skuad yang dibawa ke Solo ini berpeluang membela Kanada di Piala Dunia 2026.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya