SOLOPOS.COM - Persib Bandung menggelar nonton bareng (nobar) untuk suporter saat laga El Clasico versus Persija Jakarta, Sabtu (9/3/2024). (www.persib.co.id)

Solopos.com, BANDUNG — Hukuman laga tanpa penonton dalam pertandingan El Clasico Indonesia versus Persija Jakarta disikapi manajemen Persib Bandung dengan menggelar nonton bareng (nobar) di sejumlah titik strategis Kota Bandung, Sabtu (9/3/2024) pukul 15.00 WIB.

Bertajuk Nobar Biru, sedikitnya ada tiga titik yang bisa diakses oleh Bobotoh untuk menyaksikan pertandingan Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Ketiga lokasi Nobar Biru tersebut adalah di Graha Persib, Cinepolis Istana Plaza, dan Upnormal Coffee Roasters Global Project, Jalan L.L.R.E. Martadinata, Kota Bandung.

Chief Marketing Officer PT PERSIB Bandung Bermartabat, Sandy Tantra menjelaskan, program Nobar Biru sengaja diadakan untuk memfasilitasi Bobotoh yang tidak bisa menyaksikan pertandingan di stadion.

“Kami sangat menyayangkan bahwa pertandingan lawan Persija kali ini harus diselenggarakan tanpa kehadiran Bobotoh yang sudah menunggu-nunggu. Untuk mematuhi keputusan yang ada, kami menggelar titik-titik Nobar ini. Kami meminta dengan sangat kepada seluruh Bobotoh untuk tidak datang ke stadion Si Jalak Harupat, tetapi tunjukkan sportivitas dan dukungannya di titik-titik Nobar saja,” kata Sandy, seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi Persib, Jumat (8/3/2024).

Untuk yang ingin menghadiri kegiatan Nobar Biru tersebut, berikut keterangan detailnya:

1. Graha Persib, bisa datang langsung ke Graha Persib, Jl. Sulanjana No.17, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40116.

2. Cinepolis Istana Plaza, Jl. Pasir Kaliki No.121-123, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Bandung 40173. Bobotoh dapat mendaftar melalui website dan aplikasi Cinepolis, dan tix.id, atau datang langsung ke studio.

3. Upnormal Coffee Roasters Global Project, bisa mendaftarkan melalui link formulir yang disiapkan atau datang langsung ke jalan LLRE Martadinata St No.158, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40114.

Ketiga Nobar Biru tersebut dikenakan harga tiket masuk (HTM) Rp100.000, masing-masing untuk Graha Persib, Cinepolis Istana Plaza, dan Upnormal Coffee Roasters Global Project.

“Persib sekali lagi memohon kepada seluruh Bobotoh untuk tidak datang ke stadion, dan menunjukkan apresiasi dan dukungannya dengan menyaksikan pertandingan dari rumah, atau hadir langsung di acara Nobar Biru maupun nobar-nobar komunitas yang telah tersedia di sejumlah lokasi,” tutup Sandy.

Terasa Spesial

Persib Bandung mempunyai motivasi berlipat saat berjumpa Persija Jakarta pada laga El Clasico Indonesia Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024) pukul 15.00 WIB.

Bek Persib Nick Kuipers menegaskan kemenangan atas Persija akan terasa spesial, tidak hanya untuk tim tetapi juga suporter.

Nick Kuipers mengatakan, tiga poin sangat penting bagi Pangeran Biru untuk tetap berada di posisi 2 klasemen sementara.
Kemenangan juga, menurut Kuipers, bisa melanjutkan tren positif Persib.

Dalam dua pertandingan sebelumnya, Persib berhasil meraih kemenangan telak atas RANS Nusantara 4-0, dan PSIS Semarang 3-0.

Hasil positif tersebut akan diperjuangkan untuk terus berlanjut hingga akhir musim.

“Tentunya laga spesial. Kami membutuhkan tiga poin dan berusaha tetap di posisi dua klasemen. Kami punya motivasi lebih setiap laga spesial. Ini bukan hanya untuk tim tapi suporter,” kata Kuipers dalam konferensi pers jelang pertandingan di Graha PERSIB, Jumat (8/3/2024), seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi Persib.

Kuiper menyayangkan pertandingan seru ini tidak bisa dihadiri Bobotoh. Tapi Kuipers berharap dukungan dan doa dari semua Bobotoh di rumah masing-masing dan lokasi nonton bareng yang sudah Persib disiapkan.

“Sayang tidak ada penonton padahal bisa menjadi energi buat kami, tapi mereka bisa mendukung kami di rumah melalui TV,” ucapnya.

Pelatih, Persib Bojan Hodak optimistis bisa mengalahkan Persija Jakarta meski tanpa dukungan penonton.

Dua kemenangan terakhir yang diraih Persib membuat langkah timnya menjadi lebih ringan. Apalagi, ia menilai, grafik penampilan anak asuhnya terus membaik sejak empat laga terakhir.

“Tentunya ini membuat semuanya mendapatkan kepercayaan diri. Menghadapi Persija, kami sudah paham dengan motivasi apa yang diusung. Saya hanya berharap bahwa kami bisa bermain dengan didukung suporter,” ucapnya.

Penyerang Persib Ciro Alves mengaku akan bekerja keras untuk menatap laga kontra Persija Jakarta setelah dalam 2 pertandingan terakhir mendapat raihan positif.

“Bersiap untuk bekerja keras lagi karena akan menghadapi laga yang sangat bagus. Hari ini kami bermain dengan baik tapi besok kami masih harus bekerja dengan keras lagi,” pungkasnya.



Pelatih Persija Thomas Doll menyayangkan laga El Clasico Indonesia digelar tanpa penonton.

Ada atau tanpa ada penonton, kata dia, Persija akan bermain dengan maksimal untuk merebut poin di kandang Persib.

“Rasanya aneh jika tanpa penonton,” katanya.

Tanpa Penonton

El Clasico Indonesia antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/3/2024), dipastikan digelar tanpa penonton.

Sidang Komite Banding PSSI tanggal 7 Maret 2024 menguatkan putusan Komisi Disiplin yang menghukum Persib satu pertandingan tanpa penonton serta denda Rp25 juta

Sanksi terhadap Persib itu buntut dari kerusuhan antara suporter Persib Bandung dengan suporter PSIS Semarang dan penganiayaan oleh suporter Persib Bandung terhadap suporter PSIS Semarang dalam laga pada 27 Februari 2024 lalu.

“Menguatkan SK Komite Disiplin PSSI. Sanksi: larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton sebanyak 1 pertandingan saat menjadi tuan rumah sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat. Denda Rp25.000.000,” kutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, Jumat (8/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya