SOLOPOS.COM - Siswa program charity basket Humble Basketball Academy berlatih basket di Lapangan Basket Outdoor Manahan beberapa waktu lalu. Lapangan basket itu segera direnovasi melalui program Indonesian Basketball League (IBL). (Istimewa/Dok Humble Basketball Academy).

Solopos.com, SOLO—Dua lapangan basket outdoor kawasan Stadion Manahan Solo bakal direhab atau direnovasi melalui program Indonesian Basketball League (IBL) pada pertengahan Juli 2023 mendatang.

Hal ini disambut antusias oleh pencinta bola basket di Solo setelah belasan tahun lapangan itu tidak direnovasi.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

CEO Humble Basketball Academy, Noviawan Rendra Wisnuwardana, sangat mengapresiasi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan IBL yang akan merenovasi Lapangan Basket Manahan. Ini menunjukkan pihak terkait fokus pada pengembangan ekosistem basket di Solo.

Dia menyebut banyak komunitas maupun masyarakat Solo yang aktif menggunakan dua lapangan basket ini. Noviawan, sapaan akrabnya, aktif menggunakan lapangan itu untuk menggelar latihan gratis bagi anak-anak Kota Solo. Dalam sepekan, Humble menggunakan dua kali.

“Ada beberapa bagian lapangan yang tidak sempurna. Kalau direvitalisasi kami sangat senang dan ketika ada charity atau latihan akan menunjang basket,” kata dia.

Ia melanjutkan setelah diperbaiki gairah masyarakat Kota Solo bermain basket akan meningkat. Hal ini berdampak pada pembangunan ekosistem basket di Solo.

“Kalau selama direnovasi kami cari lapangan pengganti. Jangan sampai terputus program latihan basket gratis,” kata dia.

Dia berharap pihak terkait menambah lampu penerangan di sekitar lapangan. Hal itu untuk menunjang kegiatan yang digelar pada malam hari. Apalagi kawasan Manahan telah dibuka sampai malam.

Ketua Perbasi Solo, Bagus Andrian John, mengatakan ke depan akan ada koordinasi bersama Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) untuk membahas penjadwalan penggunaan lapangan basket bagi akademi-akademi untuk program charity yang selama ini juga sudah berjalan.

“Salah satu akademi yang menginisiasi adalah Humble Academy. Semoga bisa diikuti stakeholders basket lain dalam berprogram nantinya,” ulas dia

Ia mengapresiasi IBL yang akan merenovasi lapangan basket di Solo. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang terus mendukung geliat basket di Solo.

Paman John, sapaan akrabnya, mengatakan lapangan outdoor Manahan sangat sering digunakan berbagai komunitas atau kelompok untuk basket.

Artinya, lapangan dengan standar dan kualitas yang mumpuni akan menunjang kegiatan itu. Ekosistem basket di Solo yang terus bertumbuh harus diiringi dengan infrastruktur yang memadahi. Dia berharap atmosfer basket di Solo terus meningkat dan berdampak pada prestasi basket di Solo.

Paman John menyebut pencinta basket di Solo sudah lama menantikan hal ini. Lapangan outdoor itu sudah bertahun-tahun tak kunjung diperbaiki.

“Semoga banyak yang menggunakan lapangan ini dengan baik dan mampu menjaga, merawatnya dengan baik,” ulas Paman John.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya