SOLOPOS.COM - Logo Liga 2

Solopos.com, SOLO–Pencinta sepak bola Indonesia masih menanti kapan Liga 2 dimulai lagi. Mereka tak sabar menyaksikan klub kebanggaan berlaga di lapangan.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Liga 2 2023/2024 akan kembali digulirkan. Namun, hingga saat ini jadwal resmi pertandingan belum dikeluarkan.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Lalu muncul pertanyaan dari para bola mania Tanah Air sebenarnya kapan Liga 2 akan dimulai lagi. Sebagai informasi, PSSI dan PT LIB sebelumnya menghentikan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 sebagai imbas Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 135 orang meninggal dunia pada 2022 lalu.

Seiring berjalannya waktu, Liga 1 digulirkan lagi dengan sistem bubble atau gelembung hingga akhir putaran pertama. Pertandingan dipusatkan di beberapa daerah saja, termasuk di Solo.

Namun, tidak dengan Liga 2 dan Liga 3. Kedua kompetisi di kasta kedua dan ketiga itu dihentikan hingga akhir musim. Oleh karena itu, Liga 1 musim 2022/2023 tidak ada sistem degradasi dan promosi.

Pada kompetisi musim baru, Liga 1 sudah bergulir mulai 1 Juli 2023 lalu. Sementara, Liga 2 hingga saat ini masih belum dimulai. Namun, sudah banyak klub Liga 2 yang merekrut pemain.

Itu seperti dilakukan Kalteng Putra yang merekrut mantan pemain timnas U-19 Indonesia Barnabas Sobor eks pemain FK Riteriai, klub divisi utama di Lituania. Sebelum bermain untuk klub tersebut, Sobor merupakan pemain tim Liga 1 Persija Jakarta.

Klub lain, Malut United merekrut Hendra Adi Bayauw yang sebelumnya memperkuat klub Liga 1 Bali United. Sementara, PSIM Yogyakarta merekrut mantan kiper PSIS Semarang, Wahyu Tri Nugroho dan Briyan Cesar eks pemain PSM Makassar.

Lantas kapan Liga 2 dimulai lagi? PT LIB selaku operator kompetisi menyebut Liga 2 2023/2024 dimulai September. Namun, pernyataan itu tidak disertai kepastian jadwal pertandingan Liga 2.

PT LIB menargetkan Liga 2 berakhir sebelum Idulfitri tahun depan. Idulfitri 2024 diperkirakan jatuh pada April.

Secara umum format yang akan terapkan pada Liga 2 musim baru mendatang tak jauh berbeda dengan musim sebelumnya. Namun, ada sejumlah perbedaan, terutama pada jumlah grup wilayah.

Pada musim 2022/2023, Liga 2 terbagi menjadi tiga grup, Grup A-C. Total ada 28 tim. Grup A dan B terdiri atas sembilan tim, sedangkan Grup C diisi 10 tim.

Pada musim 2023/2024 mendatang, Liga 2 terbagi menjadi empat grup wilayah masing-masing grup berisi tujuh tim.

Empat tim teratas akan lolos ke babak 16 besar. Mereka akan ditampung dalam dua grup terpisah yang masing-masing berisi delapan tim.

Selanjutnya, dua tim teratas dari masing-masing grup tersebut melaju ke final four. Empat tim itu akan bertarung masing-masing sekali.

Pemenangnya akan langsung mendapat tiket promosi ke Liga 1. Selain itu, mereka berhak bertarung di babak final untuk memperebutkan gelar juara Liga 2.

Sementara, tim yang kalah bertarung sekali lagi untuk memperebutkan tiket ketiga promosi ke Liga 1.

Bola mania masih harus bersabar menanti kepastian kapan Liga 1 dimulai lagi. Diharapkan otoritas terkait segera mengumumkan jadwal resmi pertandingan Liga 2 musim depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya