SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan motivasi untuk skuad Timnas U-16 Indonesia seusai kalah melawan Australia, di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). (Ist/pssi)

Solopos.com, SOLO — Timnas U-16 Indonesia harus segera melupakan kekalahan 3-5 dari Australia untuk menatap laga terakhir kontra Vietnam U-16 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/6/2024) pukul 15.00 WIB.

Garuda Muda wajib mengalahkan sang rival guna merebut posisi ketiga Piala AFF U-16.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Meski begitu Vietnam U-16 bukanlah lawan yang mudah dihadapi.

Tim asuhan Tran Minh Chien ini menampilkan permainan apik meskipun kalah dari Thailand U-16 dengan skor 1-2.

The Young Golden Star sebenarnya bahkan bisa saja berbalik unggul andai dua peluang dari Nguyen Thien Phu dan Tran Gia Bao di menit-menit akhir bisa berbuah gol.

Selama Piala AFF U-16, Vietnam total mencetak 22 gol dari empat pertandingan dan hanya kebobolan empat gol.

Ketajaman lini depan Vietnam harus diwaspadai oleh para pemain Timnas U-16 Indonesia di pertandingan ini.

Ketajaman Nguyen Viet Long, Nguyen Van Bach atau Tran Gia Bao tidak boleh diremehkan lini belakang Timnas U-16 Indonesia yang akan bermain tanpa Raihan Apriansyah karena kartu merahnya di laga melawan Australia U-16.

Di bangku cadangan, masih ada Tran Tanh Binh yang sudah mencetak tiga gol bagi Vietnam U-16 di Piala AFF U-16 2024.

Tapi Vietnam U-16 bukanlah tim tanpa celah. Thailand U-16 berhasil mengeksploitasi transisi dari sisi kiri pertahanan Vietnam U-16 yang kerap terlambat dalam bertahan.

Selain itu, kelengahan pemain Vietnam U-16 saat mengantisipasi bola mati juga bisa dimanfaatkan Timnas U-16 Indonesia di laga ini.

Garuda Muda juga punya bekal apik jelang laga ini. Meskipun dihajar dengan skor 3-5, Timnas Indonesia U-16 punya mentalitas luar biasa.

Bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-30, tidak membuat Timnas Indonesia U-16 bermain defensif.

Mereka tetap meladeni permainan terbuka dan bahkan menciptakan sejumlah peluang yang merepotkan Australia U-16.

Rotasi pemain kemungkinan akan kembali dijalankan Nova Arianto di pertandingan ini.

Bagi Nova, Piala AFF U-16 ini bak turnamen uji coba menjelang Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan digelar Oktober tahun ini.

Untuk itu, ia ingin memberikan kesempatan kepada semua pemain Garuda Muda untuk mendapatkan menit bermain di laga ini.

“Pastinya dari masa recovery kami hanya punya satu hari. Tujuan Piala AFF ini untuk mencba semua pemain jadi kami akan rotasi, saya ingin mencari pemain untuk dibawa ke Piala Asia nanti, semua pemain di AFF akan kami evaluasi. Karena nanti mana yang kurang akan kami tambah, besok lawan Vietnam kemungkinan akan rotasi pemain,” tegasnya.

Nova Arianto juga mengatakan ada evaluasi dari kekalahan atas Australia U-16 ini.

Menurutnya, Garuda Muda harus bisa mengontrol permainan agar terhindar dari blunder-blunder di awal pertandingan.

“Dalam catatan kami, di saat lawan Singapura dan Laos, pemain punya keinginan yang menggebur-gebu dan itu menjadikan kesalahan yang tidak perlu. Itu masalah kami mendapatakan kartu merah di menit ke-30, tapi pemain berjuang keras dan semua pemain 90 plus tujuh menit extra time,” tambah dia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta para pemain tampil habis-habisan di laga terakhir melawan Vietnam U-16.

“Masih ada kesempatan untuk peringkat ketiga. Jadi jangan kendor. Apalagi saya lihat mereka masa depan sepakbola Indonesia. Ada 3-4 pemain dari U-16 ini bisa jadi pelapis di U-19 atau U-21. Jadi masih panjang perjalanan mereka untuk berprestasi,” ujar Erick seusai memberi motivasi kepada para pemain.

Perkiraan susunan pemain

Vietnam U-16 (4-4-2)



Nguten Van Thang Long; Le Tan Dung, Nguyen Hong Quang, Le Hyu Viet Anh, Tran Cao Cuong; Nguyen Thai Hieu, Nguyen Thai Hoa, Dau Hong Phong; Nguyen Van Bach, Nguten Viet Long, Tran Gia Bao

Pelatih: Tran Minh Chien

Indonesia U-16 (3-4-3)

M. Ichsan; Ida Bagus Putu Cahya Pramana, Putu Panji, Mathew Baker; Dafa Zaidan El Fikri, Daniel Alfrido, Tristan Raissa Ibrahim, Fabio Azkairawan,; Zahaby Gholy, Josh Holong, Nazriel Alfaro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya