SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan yang bergengsi saat bersua Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Kemenangan akan sangat berharga bagi tim asuhan Shin Tae-yong dalam perjalanan Garuda ke pentas Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi juru kunci Grup F dengan mengemas satu poin dari dua laga, hasil satu kali imbang melawan Filipina dan kalah melawan Irak.

Kemenangan akan membawa Justin Hubner dan kawan-kawan merangsek ke posisi kedua klasemen.

Menjelang laga ini, Timnas Indonesia memiliki pemain baru yang bisa saja mencatatkan debut berseragam Merah Putih.

Jay Idzes dan Nathan Tjoe Aon berkesempatan mencatatkan caps pertama bersama Timnas Indonesia di laga ini.

Meski begitu, Timnas Indonesia tidak akan diperkuat oleh Jordi Amat, Yance Sayuri, Shayne Pattynama dan Elkan Baggott yang mengalami cedera.

Selain itu dua garda anyar yang baru menjadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih belum bisa tampil.

Optimisme jelas membumbung tinggi. Shin Tae-yong sangat yakin bisa mengalahkan Vietnam seperti yang dilakukannya saat Piala Asia 2024 beberapa waktu lalu.

Pelatih asal Korea Selatan ini sudah melakukan persiapan yang sangat serius untuk meraih tiga poin perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Sebagai pelatih kepala saya optimistis. Saya serius menyiapkan tim semaksimal mungkin. Saat bertemu dengan beberapa pemain timnas di Eropa, saya menyempatkan diri berbicara, makan malam, dan membangun motivasi para pemain untuk menang meawan Vietnam,” ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Vietnam datang ke Indonesia juga punya misi untuk meraih poin dalam laga tandang.

Apalagi, The Golden Star belum pernah menang dalam lima pertandingan terkini dengan mencetak lima gol dan kebobolan 11 gol.

Kemenangan terakhir Nguyen Van Toan dan kawan-kawan terjadi saat melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain itu, ini juga menjadi pembuktian bagi pelatih Vietenam, Philippe Troussier yang belum pernah mengalahkan Indonesia dalam berbagai kompetisi.

Rekor buruk Troussier saat bertemu Indonesia bahkan sudah dimulai sejak Piala Asia 2004 saat gol Ponaryo Astaman dan Budi Sudarsono membawa Garuda Asia menang 2-1 saat itu.

Secara head to head Timnas Indonesia sedikit tertinggal dari Vietnam.

Dari 28 pertemuan, Indonesia hanya menang delapan kali, 11 kali imbang dan 9 kali kalah saat bersua Vietnam di semua kompetisi.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-1-2)

Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Justin Hubner; Yance Sayuri, Jay Idzes, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan; Rafael Struick, Ramadhan Sananta

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam  (4-3-3)

Filip Nguyen; Vo Minh Trong, Le Ngoc Bao, Phan Tuan Tai, Vu Van Thanh, Dung; Nguyen Thai Son, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Nguyen Van Tung , Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh

Pelatih: Philippe Troussier



Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022 (15/10/2019): Indonesia vs Vietnam, 1-3

Kualifikasi Piala Dunia 2022 (7/6/2021): Vietnam vs Indonesia, 4-0

Piala AFF 2020 (15/12/2021): Indonesia vs Vietnam, 0-0

Piala AFF (9/1/2023): Vietnam vs Indonesia, 2-0

Piala Asia  (19/1/2024): Vietnam vs Indonesia, 0-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya