SOLOPOS.COM - Timnas U-23 Indonesia akan menjalani Piala Asia U-23 mulai 15 April 2024. (pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 dalam ajang Piala Asia U-23 yang dimulai 15 April mendatang.

Sebanyak 13 pemain merupakan pilar Timnas senior dengan empat di antaranya merupakan pemain keturunan.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Mereka masing-masing Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Adi Satryo (PSIS Semarang), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Pratama Arhan (Suwon FC), Ivar Jenner (FC Utrecht), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Hokky Caraka (PSS Sleman) dan Nathan Tjoe Aon (SC Heerenveen).

Para pemain muda Timnas Indonesia ini akan adu kuat di Grup A bersama dengan tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Skuad Garuda Muda telah berkumpul di Jakarta pada Minggu (31/3/2024). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun hadir pada malam hari untuk memberikan semangat dan motivasi di hotel tempat tim menginap.

Selanjutnya, Rizky Ridho dan kawan-kawan akan bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin (1/4/2024) untuk menjalani pemusatan latihan selama 10 hari.

Selama di Dubai, Garuda Muda akan melakoni dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Tim Persija Jakarta menjadi penyumbang pemain paling banyak yakni lima pemain. Selanjutnya diikuti Borneo FC dengan empat pemain dan PSIS Semarang mengirimkan tiga pemain.

Pelatih Shin Tae-yong mengapreasiasi dan berterima kasih kepada Ketua Umum Erick Thohir yang telah mendukung penuh Timnas U-23 Indonesia untuk meraih prestasi di Piala Asia U-23 2024.

“Dengan adanya dukungan (dari PSSI) dengan memberhentikan Liga 1, Pak Ketua Umum (Erick Thohir) berpesan agar kita harus berprestasi lebih baik di Piala Asia U-23 ini,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

“Hari (Minggu) ini kita berkumpul dan besok (Senin) berangkat ke Dubai. Jadi saya berterima kasih kepada Pak Ketum Erick Thohir, owner-owner klub dan pelatih-pelatih klub Liga 1. Di tengah-tengah liga memang sulit ya untuk klub melepas pemain, tapi begitu dilepas saya berpikir harus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan sepak bola Indonesia lebih baik dari sekarang. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pak Erick, PSSI, owner-owner klub, dan pelatih-pelatih Liga 1,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Daftar 28 pemain Indonesia untuk persiapan Piala Asia U-23 Qatar 2024:

Ernando Ari, Persebaya Surabaya
Adi Satryo, PSIS Semarang
Erlangga Setyo, Persis Solo
Daffa Fasya, Borneo FC
Rizky Ridho, Persija Jakarta
Alfeandra Dewangga, PSIS Semarang
Justin Hubner, Cerezo Osaka
Komang Teguh, Borneo FC
Muhammad Ferarri, Persija Jakarta
Pratama Arhan, Suwon FC
Dony Tri Pamungkas, Persija Jakarta
Haykal Alhafiz, PSIS Semarang
Dzaky Asraf, PSM Makassar
Ilham Rio, Persija Jakarta
Bagas Kaffa, Barito Putera
Ivar Jenner, FC Utrecht
Arkhan Fikri, Arema FC
Rifky Dwi, Persita Tangerang
Rayhan Hannan, Persija Jakarta
Ikhsan Nur, Borneo FC
Witan Sulaeman, Bhayangkara FC
Jeam Kelly, Persik Kediri
Marselino Ferdinan, KMSK Deinze
Fajar Fathurahman, Borneo FC
Rafael Struick, ADO Den Haag
Ramadhan Sananta, Persis Solo
Hokky Caraka, PSS Sleman
Nathan Noel, SC Heerenveen

Jadwal Piala Asia U-23 2024

Senin (15/4/2024) Pukul 22.30 WIB: Qatar vs Indonesia



Kamis (18/4/2024) Pukul 20.00 WIB: Indonesia vs Australia

Minggu (21//4/2024) Pukul 22.30 WIB: Yordania vs Indonesia

Perempat Final: Kamis (25/4/2024)-Sabtu (27/4/2024)
Semifinal: Senin (29/4/2024)-Selasa (30/4/2024)
Perebutan Peringkat Ketiga: Kamis (2/5/2024)
Final: Jumat (3/5/2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Muhammadiyah Tetapkan Iduladha 1445 H Tanggal 17 Juni 2024, Pemerintah Sama?

Muhammadiyah Tetapkan Iduladha 1445 H Tanggal 17 Juni 2024, Pemerintah Sama?
author
Chelin Indra Sushmita Kamis, 2 Mei 2024 - 16:56 WIB
share
SOLOPOS.COM - Warga Muhammadiyah Karanganyar memadati halaman Alun-alun Karanganyar setempat untuk mengikuti Salat Iduladha pada Rabu (28/6/2023). (Espos/ indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, JAKARTA — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah resmi menetapkan Iduladha 1445 Hijriah jatuh pada Senin (17/6/2024).

Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhamad Sayuti, mengatakan, penetapan awal Zulhijah 1445 H dilakukan berdasarkan perhitungan yang disebut Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Perhitungan ini melibatkan beberapa kriteria yang ketat, di antaranya adalah pertemuan atau konjungsi bulan sebelum matahari terbenam, matahari terbenam terlebih dahulu dari bulan (dengan moonset setelah sunset), dan saat matahari terbenam, hilal sudah jelas terlihat di atas ufuk, tak peduli seberapa tingginya.

“Berpegang teguh pada kriteria tersebut, Muhammadiyah menetapkan bahwa awal Zulhijah 1445 H akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Keputusan ini telah disampaikan untuk memastikan umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan amalan-amalan khusus yang terdapat dalam bulan yang mulia ini,” jelas Sayuti dikutip dari situs Muhammadiyah.or.id.

Koran Solopos

Muhammadiyah juga memperhitungkan tanggal 9 Zulhijah 1445 H jatuh pada Minggu (16/6/2024). Kemudian Hari Raya Iduladha 10 Zulhijah 1445 H, jatuh pada Senin (17/6/2024).

Adapun pemerintah masih belum menetapkan Hari Raya Iduladha 1445 H. Kemenag akan menggelar sidang isbat 1 Zulhijah 1445 pada Jumat (7/6/2024) petang. Namun berdasarkan keputusan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 855 Tahun 2023, Nomor: 3 Tahun 2023, dan Nomor: 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, pemerintah telah menetapkan Iduladha 1445 H.

Berdasarkan SKB tersebut, jumlah hari libur nasional adalah sebanyak 17 hari dan cuti bersama sebanyak 10 hari.
“Penetapan tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah, Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, dan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Agama,” disebutkan dalam SKB yang ditandatangani pada 12 September 2023 tersebut.

Emagazine Solopos

Berdasarkan keputusan tersebut pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1445 H pada Senin (17/6/2024).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Iduladha 1445 H versi Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Berbarengan, Ini Tanggalnya”

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Maju Lagi di Pilwalkot Surabaya 2024, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar di PDIP

Maju Lagi di Pilwalkot Surabaya 2024, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar di PDIP
author
Newswire , 
Abdul Jalil Kamis, 2 Mei 2024 - 16:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengembalikan formulir pendaftaran sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2024. Dokumen tersebut diterima oleh Ketua DPC PDI Perjuangan setempat, di kantor partai tersebut, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/Ananto Pradana)

Solopos.com, SURABAYA – Eri Cahyadi dan Armuji kembali mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya pada Pilkada 2024. Pasangan yang saat ini masih memimpin Kota Surabaya itu telah mengembalikan formulir pendaftaran di PDI Perjuangan setempat.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan dirinya bersama Armuji mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Kami mengembalikan formulir ke PDI Perjuangan sebagai bukti mendaftar,” kata dia, Kamis (2/5/2024).

Formulir yang diserahkan oleh petahana itu diterima oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Adi Sutarwijono bersama para pengurus lainnya.

Koran Solopos

Eri menyatakan alasan dirinya kembali maju bersama Armuji adalah untuk merampungkan seluruh program kerja yang masih tersisa.

“RPJMD disusun lima tahun belum selesai, kami daftar kembali untuk menyelesaikan dan memberikan yang terbaik untuk warga Surabaya,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta doa restu kepada masyarakat demi kelancaran persiapan menyongsong kontestasi perebutan kursi pucuk pimpinan kepala daerah.

Emagazine Solopos

“Kami sekarang mengembalikan formulir untuk bisa maju lagi bersama Mas Eri sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, mengatakan berkas pendaftaran Eri-Armuji dikirimkan ke jajaran pengurus partai di tingkat Provinsi Jawa Timur dan pusat. Sebab, wewenang dari dewan pimpinan cabang hanya sebatas memberikan usulan.

“Saya berharap Mas Eri dan Cak Armuji mendapat rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” ucap Ketua DPRD Kota Surabaya ini.

Interaktif Solopos

Cak Awi, sapaan akrabnya, menambahkan usulan pencalonan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan seluruh kader di Kota Surabaya yang melihat pada kinerja pembangunan dan kepemimpinan keduanya.

“Mas Eri dan Cak Ji [Armuji] datang ke kantor kompak mengenakan pakaian adat Surabaya, ini sudah simbolnya kebersamaan dan kekompakan Arek Suroboyo. Kemudian egaliter serta apa adanya sehingga bisa mendorong pembangunan Surabaya yang lebih baik,” tuturnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Gunung Ruang Naik Status Jadi Awas, Waspada Banjir Lahar & Awan Panas

Gunung Ruang Naik Status Jadi Awas, Waspada Banjir Lahar & Awan Panas
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Kamis, 2 Mei 2024 - 16:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Seorang warga mengendong anaknya berada di atas geladak KRI Kakap-811 saat dievakuasi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (1/5/2024).TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII mengevakuasi sekitar 330 orang yang terdampak erupsi Gunung Ruang dengan menggunakan KRI Kakap-811 menuju Pelabuhan Bitung karena menyusulnya meningkatnya aktivitas gunung yang berada pada status Level IV Awas. ANTARA FOTO/Andri Saputra/nz.

Solopos.com, MANADO — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang menjadi Level IV atau awas pada Selasa (30/4/2024) pukul 01.30 WITA.

Erupsi dimulai pada pukul 01.15 WITA, diawali dengan gempa yang terasa hingga Pulau Tagulandang disertai suara gemuruh dan aliran awan panas dari puncak kawah. Dalam hal ini, PVMBG turut memperluas area radius bahaya menjadi 7 km.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang,” kata PVMBG dalam rilis pers pada Kamis (2/5/2024).

Menambahkan hal itu, pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai agar tetap waspada pada potensi lontaran batuan pijar dan luruhan awan panas.

Koran Solopos

Masyarakat yang terkena imbas dari erupsi Gunung Ruang turut diimbau untuk menggunakan masker guna menghindari gangguan sistem pernapasan akibat paparan abu vulkanik.

Adapun, masyarakat dapat memantau pergerakan aktivitas gunung api di Indonesia dengan mengunduh aplikasi MAGMA Indonesia atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (2/5/2024) mengatakan, Gunung Ruang bertipe strato di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, menyimpan potensi bahaya awan panas hingga banjir lahar yang perlu diwaspadai oleh penduduk lokal di sekitar wilayah tersebut.

Emagazine Solopos

“Potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang,” katanya seperti dilansir Antara.

Wafid mengatakan pengamatan visual Gunung Ruang pada periode 22 April 2024 sampai 2 Mei 2024 umumnya cuaca cerah hingga hujan.

Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut, timur, selatan, barat daya, barat, dan barat laut dengan suhu udara sekitar 22 sampai 32 derajat Celcius.

Interaktif Solopos

Aktivitas erupsi yang terjadi pada 17 April 2024 dan 30 April 2024 membuat stasiun seismik yang berjarak 1,5 kilometer dan 2,7 kilometer dari pusat kawah mengalami kerusakan.

Peristiwa dua kali letusan itu menyebabkan kegiatan perekaman aktivitas vulkanik menjadi terganggu karena jarak Pos Pengamatan Gunung Ruang sejauh 5 kilometer dari pusat kawah.

Pada 1 Mei 2024, aktivitas vulkanik di Gunung Ruang didominasi oleh gempa tremor menerus meski tercatat tiga kali gempa vulkanik dalam dan 10 kali gempa vulkanik dangkal.



Erupsi terjadi pada pukul 17.43 WITA dengan tinggi kolom abu sekitar 600 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara.

Pada Kamis (2/5/2024) hingga pukul 09.00 WITA, aktivitas vulkanik masih didominasi gempa tremor menerus. Badan Geologi mencatat ada empat kalo gempa vulkanik dangkal, dua kali tempa tektonik lokal, dan dua kali tempa tektonik.

Asap kawah berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal. Tinggi asap berkisar antara 300 sampai 500 meter dari puncak kawah.

Dalam status level awas yang kini tersemat di Gunung Ruang, penduduk diminta untuk tidak memasuki wilayah radius tujuh kilometer dari pusat kawah aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories