SOLOPOS.COM - Menteri BUMN yang juga Ketum PSSI Erick Thohir. (PSSI)

Solopos.com, SOLO — Dua klub Liga 1, Persija Jakarta dan Borneo FC sudah menegaskan takkan melepas pemain mereka jika dipanggil ke Timnas U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 pada April 2024 mendatang.

Fakta itu membuat miris Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Menteri BUMN itu membandingkan dua klub Liga 1 tersebut dengan Suwon FC, klub kasta teratas Liga Korea yang sudah memberi sinyal bakal melepas pemain baru mereka, Pratama Arhan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Ya kalau memang Suwon FC sebagai klub yang bukan dari Indonesia saja mendukung timnas, apalagi klub Indonesia, pasti ada jalan keluar,” ujar Erick saat ditemui seusai konferensi pers perkenalan pelatih baru Timnas Putri Indonesia, Mochizuki Satoru, di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Sebagai informasi, pada April mendatang, Liga 1 musim 2023/2024 akan memainkan fase akhir kompetisi, yang sangat menentukan maju atau tidaknya klub-klub ke fase berikutnya, Championship Series.

Sementara pada saat yang sama Piala Asia U-23 mulai bergulir 15 April dan berakhir 3 Mei 2024.

Erick Thohir meyakini PSSI dan klub akan memiliki solusi terbaik perihal pelepasan pemain untuk memperkuat Timnas dalam ajang Piala Asia U-23.

Erick mewacanakan ada fleksibilitas Liga 1 saat klub mendukung Timnas. Namun ia tidak mengungkap bentuk fleksibilitas yang dimaksudkannya.

“Saya yakin ada jalan, pasti semua baik-baik saja. Kalau semua mau legawa, semua mau memprioritaskan, apakah Merah-Putih atau kelompok, pasti nanti kami juga bicara. Tentu ketika ada klub yang mendukung tim nasional, fleksibilitas liga akan kami bicarakan, karena tidak mungkin liga besar tanpa tim nasional, karena hari ini tim nasional yang banyak mendapat sorotan, ketika timnas dapat pengakuan, liga pasti naik kelas,” tambahnya.

Seperti diketaui, polemik mencuat setelah pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dan Manajer Borneo FC menyatakan keberatan melepas pemain-pemain mereka ke Piala Asia U-23.

Alasannya tenaga mereka masih dibutuhkan di Liga 1. Di sisi lain, Piala Asia U-23 tidak termasuk kalender FIFA.

Persis Solo juga belum pasti akan melepas pemainnya jika mendapat panggilan Timnas U-23.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Persija-Borneo FC Tolak Lepas Pemain ke Piala Asia U-23, Erick Thohir Bandingkan dengan Suwon”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya