SOLOPOS.COM - Gelandang asal Brasil resmi menjadi pemain baru Al Ittihad. (Instagram/ittihadclub.sa).

Solopos.com, SOLO–Klub Liga Arab Saudi Al Ittihad resmi mendatangkan Fabinho dari Liverpool setelah melihat catatan apik gelandang asal Brasil itu selama bersama The Reds.

Fabinho akan memperkuat jawara Liga Arab Saudi musim lalu itu hingga 2026. Al Ittihad sudah secara resmi mengenalkan Fabinho melalui akun media sosial klub, Selasa (1/7/2023) WIB. Liverpool pun menyampaikan pernyataan resmi tentang hengkangnya Fabinho.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Fabinho akan bergabung dengan mantan penyerang Real Madrid, Karim Benzema yang sudah lebih dulu menuju Al Ittihad. Sebelumnya, Al Ittihad juga mendatangkan N’Golo Kante dari Chelsea dan Jota dari Celtic.

Klub kaya Arab Saudi itu dikabarkan memboyong Fabinho dengan mahar senilai 46,7 juta euro atau sekitar Rp773,8 miliar.

Nilai itu sedikit lebih mahal daripada kepindahannya dari AS Monaco ke Liverpool pada 2018 lalu. Saat itu The Reds menebusnya dengan harga 45 juta euro atau sekitar Rp745,7 miliar.

Lantas bagaimana sepak terjang Fabinho selama bersama Liverpool? Berikut ini ulasannya.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi Liverpool, liverpoolfc.com, Fabinho telah menunjukkan dedikasi tinggi selama lima tahun bersama Liverpool.

The Reds menyebut Fabinho memberikan penampilan yang mengesankan. Selama bersama Liverpool, Fabinho telah 219  kali tampil di semua kompetisi dan memberikan lima gelar.

Didatangkan dari AS Monaco pada Mei 2018, Fabinho masuk ke starting line-up Jurgen Klopp beberapa bulan setelah musim pertamanya dan menjadi dasar dari kesuksesan The Reds di tahun-tahun berikutnya.

Pada musim perdananya di mana perannya semakin integral, membuat Liverpool hanya kalah sekali di Premier League dengan mengemas total 97 poin, tetapi harus kehilangan posisi teratas.

Namun demikian, musim berakhir dengan cara yang tak terlupakan dengan gelar juara Champions League, pemain nomor punggung 3 yang kemudian dikenal sebagai mercusuar tim itu bermain penuh dalam kemenangan 2-0 di final atas Tottenham Hotspur di Madrid.

Medali juara UEFA Super Cup ditambahkan pada awal 2019/2020 dan Fabinho tampil 28 kali musim itu dengan menyumbang dua gol dan tiga assist saat pasukan Klopp meraih gelar Premier League dengan total 99 poin pada 2019/2020.

Kedua gol dicetak dengan cara spektakuler. Pertama, mengawali kemenangan krusial di Anfield melawan Manchester City. Kedua, sebuah tendangan brilian dari jarak jauh melewati Crystal Palace pada saat gelar juara dipastikan.

Mampu bermain sebagai bek tengah ketika keadaan membutuhkannya, pemain asal Brasil membantu Liverpool dalam musim 2020/21 yang menantang untuk mengamankan posisi ketiga.

Dia juga berkembang selama musim berikutnya, saat The Reds bersaing untuk merebut empat gelar juara. Sang pemain mencetak delapan gol, catatan terbaiknya di lini tengah dalam 48 pertandingan.

Ada juga penalti Panenka yang luar biasa dalam kemenangan adu penalti di final Carabao Cup atas Chelsea, dengan tim Klopp mengangkat FA Cup dan menjadi runner-up di Premier League dan Champions League.

Sang gelandang mencapai 200 penampilan lebih untuk Liverpool selama musim terakhir dan sekarang mengucapkan selamat tinggal kepada klub dengan kepindahan ke Al-Ittihad.

Semua orang di Liverpool FC ingin berterima kasih kepada Fabinho atas semua kontribusinya terhadap kesuksesan klub selama lima tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya