SOLOPOS.COM - Brad Binder (Motogp.com)

Solopos.com, LOMBOK TENGAH–Pembalap Red Bull KTM Brad Binder mengakui kesalahannya yang membuat Luca Marini (Mooney VR46) dan Miguel Oliveira (RNF Racing) terjatuh atau crash di balapan utama MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (15/10/2023).

“Saya minta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh tim Mooney VR46 dan tentu saja Luca (Marini). Lalu mengenai Miguel (Oliveira) di tikungan dua, itu adalah 100% kesalahan saya. Jadi, lebih banyak permintaan maaf padanya dan timnya,” kata Binder melalui keterangan resmi KTM yang dikutip dari Antara, Senin (16/10/2023).

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Binder yang berhasil finis di P6 dikenai dua kali penalti long lap karena dinilai berkendara secara berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

“Dua penalti dan double long lap itu saya pantas mendapatkan keduanya. Mempertimbangkan segalanya, kami beruntung finis di urutan keenam,” ujar pembalap asal Afrika Selatan itu.

Mengenai penyebab crash, Binder menyebut hal itu karena salah perhitungan terkait pemilihan ban. Ia memilih ban belakang medium yang ia pikir akan menjadi pilihan terbaik.

“Saya agak ragu memilih ban mana dan pada akhirnya ban belakang medium yang dinilai tepat. Jadi terima kasih kepada tim yang telah membantu dalam hal itu,” ulas Binder.

“Lap pertama cukup baik. Saya hanya ingin membangun kepercayaan diri dan saya mengalami sedikit goyangan di tikungan delapan dan ketika saya menginjak rem di tikungan sembilan, tuasnya langsung kembali ke jari saya sehingga saya tidak mendapat banyak tekanan,” imbuhnya.

Putaran ke-16 MotoGP 2023 akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia akhir pekan mendatang. Binder mengatakan sirkuit tersebut merupakan salah satu trek favoritnya karena membutuhkan keahlian teknis dan cepat. Iklim di sana juga jauh lebih sejuk.

“Phillip Island adalah trek favorit saya di kalender, kami hanya perlu melindungi penggunaan ban di sana. Saya mempunyai perasaan yang baik di masa lalu [di sirkuit tersebut]. Sadi saya harap ini akan menjadi akhir pekan yang positif,” ujar Binder.

Saat ini, Binder tetap terpaku di posisi keempat pada klasemen sementara. Dia memiliki defisit 72 poin dari pembalap yang mengisi daftar tiga besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya