SOLOPOS.COM - Trofi Piala Dunia U-17. (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, BEKASIPenjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengusulkan Stadion Wibawa Mukti Cikarang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang.

Dia percaya diri atau pede stadion tersebut layak dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023, meski belum ditinjau FIFA karena dipakai sebagai kandang klub papan atas Tanah Air dan pernah jadi venue Asian Games 2018.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Kelaikan infrastruktur dan kemudahan akses menjadi nilai kuat stadion kebanggaan warga Kabupaten Bekasi ini untuk menyelenggarakan pesta sepak bola remaja terakbar itu,” katanya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Minggu (2/7/2023).

Dani melanjutkan usulan ini telah dikomunikasikan dengan PSSI melalui Asosiasi Kabupaten (Askab) Bekasi dengan harapan dapat dipertimbangkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir beserta jajaran.

“Kami sudah bicara ke PSSI melalui Askab, sudah ketemu dengan saya dan akan disampaikan ke Asprov untuk dilanjutkan ke pusat. Mudah-mudahan [disetujui], doakan saja,” katanya.

Dia mengaku Stadion Wibawa Mukti Cikarang memiliki standar yang mumpuni untuk menggelar pertandingan sepak bola berskala internasional, termasuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Stadion yang berlokasi di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur itu pernah menggelar ajang Asian Games 2018. Stadion ini juga kerap dijadikan tempat latihan tim nasional hingga menjadi kandang sejumlah klub papan atas Indonesia.

Dari aspek lokasi sangat mudah dijangkau karena dilalui sejumlah akses pintu tol dan dekat dengan DKI Jakarta, sehingga bisa menjadi alternatif pendamping dari Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Selain melalui PSSI, Dani mengaku bakal aktif menyampaikan usulan tersebut melalui jalur pemerintahan. “Karena kan ini sudah komunikasi walaupun lisan. Tapi jika diperlukan, kami tentu akan sampaikan juga melalui usulan tertulis,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha memastikan Stadion Wibawa Mukti telah memenuhi persyaratan dari aspek ;apangan maupun keamanan.

Standar ini yang menjadikan stadion tersebut kerap digunakan sebagai kandang klub Liga 1 dalam beberapa tahun terakhir.

“Stadion Wibawa Mukti sudah lulus dan dipercaya tim rescue Polda Metro Jaya maupun audit PSSI. Tentu dengan lulusnya Stadion Wibawa Mukti menjadi stadion di Liga 1, mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan apabila PSSI menunjuk kita sebagai tuan rumah,” katanya.

Pemkab Bekasi memastikan kesiapan sejumlah lapangan pendamping yang berjarak tidak jauh dari stadion utama sebagai salah satu syarat dasar penyelenggaraan ajang olahraga sepak bola skala internasional.

“Lapangan pendamping kami siapkan di Stadion Cikarang Utara, Pasir Tanjung, ada juga di area kawasan industri. Mungkin ada perbedaan standar dari FIFA dan nasional, tapi dengan dipercaya sebagai tuan rumah Liga 1 sudah menandakan bahwa Stadion Wibawa Mukti layak dipakai,” kata dia.

Stadion yang semula berkapasitas 28.000 penonton itu kini dipangkas menjadi 25.395 kursi demi menjaga aspek keamanan penonton. Masing-masing tribun penonton juga sudah memiliki akses keluar masuk yang relatif luas. Total ada lebih dari 10 pintu akses penonton.

Usulan Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan itu disampaikan setelah Badan Otoritas Sepak Bola Dunia FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru yang mundur karena belum lengkap secara infrastruktur.

Selaku tuan rumah, Indonesia memastikan satu tempat di ajang ini bersama empat semifinalis AFC U-17 yakni Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Iran sebagai perwakilan dari Benua Asia.

Benua Biru Eropa mengirimkan lima negara meliputi Inggris, Perancis, Jerman, Polandia, serta Spanyol. Kemudian Wakil Amerika Selatan yakni Argentina, Brazil, Ekuador, dan Venezuela. Sementara, Amerika Utara diwakili Kanada, Meksiko, Panama, serta Amerika Serikat.

Perwakilan dari Benua Oseania yakni Kaledonia Baru dan Selandia Baru. Terakhir, wakil dari Benua Afrika meliputi Burkina Faso, Mali, Maroko, serta Senegal. Total akan ada 24 negara yang menjadi peserta Piala Dunia U-17 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya