SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Prancis U-17 Ismail Bouneb (kanan) berselebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Timnas Mali U-17 pada pertandingan semifinal Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023). Timnas Prancis berhasil mengalahkan Timnas Mali dengan skor 2-1. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLOTimnas U-17 Prancis mencapai final Piala Dunia U-17 2023 tanpa kendala berarti, berikut perjalannya dari fase grup hingga partai puncak.

Prancis butuh satu kemenangan lagi untuk meraih gelar Piala Dunia U-17 kedua mereka.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Namun, ambisi itu tidak mudah diwujudkan mengingat lawan yang akan dihadapi adalah Jerman, lawan yang mengalahkan Prancis di final Euro U-17 2023.

Terlepas dari hal itu, Prancis telah berulang kali menunjukkan ketangguhan dan tekad mereka untuk mencapai pertandingan puncak.

Prancis menuju final dengan perkasa. Perjalanannya nyaris sempurna.

Skuad The Little Blues menembus final tanpa kebobolan di waktu normal, andai saja Mali tak bisa membalas satu gol pada laga semifinal yang berakhir 2-1 itu.

Selebihnya, Prancis bisa melalui fase grup hingga perempat final tanpa kebobolan di waktu normal.

Tim asuhan Jean Luc Vannuchi akan menghadapi Jerman di partai final di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/2023) malam mendatang.

Pertandingan tersebut merupakan final ulangan Euro U-17 yang digelar 3 Juni 2023 lalu.

Saat itu, Jerman gigit jari lantaran kalah dalam drama adu penalti dengan skor 4-5 setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Final Piala Dunia U-17 kali ini akan menjadi ajang balas dendam Prancis untuk menebus kekalahan sebelumnya.

Berikut perjalanan Prancis mencapai final Piala Dunia U-17 2023 dikutip dari laman resmi FIFA, fifa.com, Kamis (30/11/2023):

Penyisihan Grup E

Matchday 1 (Prancis 3-0 Burkina Faso)

Prancis memulai kampanye mereka dengan kemenangan 3-0 yang mengesankan atas Burkina Faso.

Setelah melewati babak pertama tanpa gol, Mathis Lambourde membawa Les Bleuets unggul sebelum gol-gol menit akhir dari Joan Tincres dan Tidiam Gomis memastikan kemenangan.

Matchday 2 (Prancis 1-0 Korea Selatan)

Gol spektakuler Mathis Amougou di menit kedua terbukti menentukan saat Prancis memastikan tempat mereka di babak 16 besar dengan satu pertandingan tersisa.

Amougou melepaskan tendangan akurat dari jarak 24 meter ke pojok atas gawang setelah Ismail Bouneb mengembalikan bola kepadanya dari sepak pojok.

Matchday 3 (Amerika Serikat 0-3 Prancis)

Prancis memastikan diri lolos ke fase gugur sebagai juara grup dengan kemenangan atas Amerika Serikat.

Dua gol dari Tincres dan sundulan dari Bastien Meupiyou menjaga rekor sempurna mereka di Piala Duni U-17 di Indonesia kali ini.

Berikut klasemen akhir Grup E Piala Dunia U-17 2023:

Standings provided by Sofascore

Babak 16 Besar (Prancis 0-0 Senegal, penalti 5-3)

Penjaga gawang Paul Argney menjadi pahlawan Prancis saat mereka mengalahkan Senegal melalui adu penalti.



Setelah pertandingan yang berlangsung sengit dan berakhir tanpa gol, Argney melakukan penyelamatan gemilang tendangan penalti pemain Senegal, Daouda Diong.

Selanjutnya pemain pengganti Nhoa Sangui mengonversi tendangan penalti yang menjadi penentu kemenangan.

Perempat Final (Prancis 1-0 Uzbekistan)

Uzbekistan menyingkirkan Inggris di babak 16 besar. Sebuah pertandingan yang menegangkan akhirnya berakhir ketika Bouneb mencetak gol di menit ke-83.

Sang pemain nomor 10 mencetak gol setelah sundulan Lambourde membentur mistar gawang.

Semifinal (Prancis 2-1 Mali)

Prancis harus berjuang keras untuk mengalahkan Mali yang tampil penuh semangat di partai semifinal.

Pada babak pertama, Les Bleuets kebobolan gol pertama mereka di turnamen ini saat Ibrahim Diarra melepaskan tendangan.

Namun, Prancis merespons dengan baik. Yvann Titi menyamakan kedudukan sesaat setelah pemain Mali, Souleymane Sanogo, diusir dari lapangan.

Tendangan bebas Bouneb yang dieksekusi dengan sempurna kemudian memastikan kemenangan dan satu tempat di final hari Sabtu melawan Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya