SOLOPOS.COM - Sejumlah warga berolahraga di kawasan Stadion Manahan, Solo, Senin (2/10/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLOStadion Manahan Solo yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 akan digunakan untuk menggelar laga penyisihan Grup B, berikut informasi mengenai negara-negara di Grup B yang akan berlaga dan jadwal lengkapnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 akan digelar 10 November-2 Desember mendatang. Berdasar hasil undian, Grup B dihuni Mali, Uzbekistan, Spanyol, dan Kanada.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Berikut negara peserta Grup B yang akan bermain di Stadion Manahan Solo:

Mali

Mali menyegel tiket ke putaran final Piala Dunia U-17 edisi tahun ini dengan mencapai semi final Piala Afrika U-17 CAF 2023.

Mereka mengatasi Republik Demokratik Kongo di delapan besar sebelum kalah dari Maroko melalui adu penalti di semifinal.

Saat ini timnas U-17 Mali dilatih Soumaila Coulibaly. Mantan gelandang Freiburg dan Borussia Monchengladbach ini mengambilalih tim Mali U-17 pada tahun lalu.

Sebelumnya dia melatih timnas U-15 Mali. Sebagai pemain, Coulibaly memenangkan lebih dari 60 penampilan di level senior untuk Mali dan pernah menjadi kapten timnas Mali.

Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 akan menjadi penampilan keenam Mali di Piala Dunia U-17.

Mereka melakukan debut di kompetisi ini pada 1997 dan penampilan terbaik mereka terjadi di Chile pada 2015, ketika mereka menjadi runner-up di bawah Nigeria yang dibintangi oleh Victor Osimhen.

Uzbekistan

Uzbekistan kembali berpartisipasi di Piala Dunia U-17 untuk kali ketiga setelah sepuluh tahun absen. Skuad White Wolves bertekad mengukir prestasi tinggi pada edisi 2023 di Indonesia.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi FIFA sebagai penyelenggara, fifa.com, Rabu (1/11/2023), Uzbekistan hanya mencetak tiga gol dari total 20 pertandingan fase grup Piala Asia U-17 2023 lalu.

Namun, tim tersebut berhasil lolos dari Grup D dengan raihan tujuh poin.

Mereka berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan dua gol di menit-menit akhir pada babak perempat final untuk memastikan tempat di semifinal dan satu tiket di Piala Dunia U-17.

Pada akhirnya Uzbekistan kalah dari Korea Selatan dengan skor tipis 1-0 di semifinal.

Bagi Uzbekitan, Grup B termasuk berat karena ada Spanyol, finalis pada beberapa edisi sebelumnya yakni 2007 dan 2017.

Orang yang memimpin Uzbekistan kembali ke papan atas sepak bola U-17 adalah Rakhmatullaev, yang juga membawa kesuksesan besar dalam waktu singkat.

Sejak pengangkatannya sebagai pelatih pada November 2022, Rakhmatullaev berhasil menerapkan gaya sepak bola yang efektif. Hingga pertengahan Oktober 2023, Uzbekistan hanya kalah dua kali dan mencatatkan lima clean sheet dari 11 pertandingan.

Ada pemain Uzbekistan yang menonjol, yakni Lazizbek Mirzaev. Dia pemain yang kreatif, berbakat, dan mampu menciptakan peluang dan gol.

Mirzaev yang lahir di Tashkent memiliki banyak kelebihan yang pantas diperhatikan selama turnamen berlangsung.

Gelandang serang yang juga dapat bermain di sisi kanan itu menjadi kapten tim selama Piala Asia dan memberikan assist untuk dua dari tiga gol di fase grup.

Piala Dunia U-17 edisi 2023 akan menjadi kesempatan ketiga untuk Uzbekistan serta jadi yang pertama dalam sepuluh tahun terakhir.

Uzbekistan pertama kali berkompetisi di Piala Dunia U-17 pada 2011, ketika mereka mencatatkan hasil terbaik dengan memuncaki Grup D dan mengalahkan Australia 4-0 di babak 16 besar.

Namun, kemudian Uzbekistan kalah dari Uruguay di perempat final yang menyudahi perjalanan mereka.

White Wolves kembali pada 2013 setelah sukses di Piala Asia U-17 untuk pertama kalinya, namun harus menderita kekalahan 1-0 dari Honduras di babak 16 besar.

Uzbekistan tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir mereka di fase grup di Piala Dunia U-17. Mereka sukses menang tiga kali dan seri dua kali dari lima pertandingan.

Spanyol

Spanyol mengklaim tiket mereka ke Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 setelah mencapai semifinal Kejuaraan U-17 Eropa UEFA 2023.

Pemain muda Barcelona, Lamine Yamal membintangi putaran pertama saat Spanyol memuncaki Grup B tanpa terkalahkan, sebelum mengalahkan Republik Irlandia 3-0 di perempat final.

Yamal kembali mencetak gol melawan Prancis di babak empat besar dalam perjalanannya menjadi pencetak gol terbanyak bersama turnamen tersebut, namun ia tidak bisa mencegah kekalahan 3-1 atas Les Bleus.

Sepanjang final Piala Dunia U-17, kisah Spanyol tetap sama: selalu menjadi penggembira, tak pernah jadi yang utama.

Dari sepuluh turnamen, La Rojita enam kali meraih podium dengan perincian empat kali sebagai runner-up dan dua kali sebagai peringkat ketiga.

Tidak mengherankan, tidak ada negara yang mencapai peringkat tiga besar lebih banyak tanpa sekalipun memenangkan turnamen dibandingkan mereka.

Kanada

Kanada mengamankan tempat di Piala Dunia U-17 edisi tahun ini dengan mencapai semifinal Kejuaraan U-17 CONCACAF 2023 setelah kemenangan beruntun 3-0 di fase gugur melawan Haiti dan Puerto Rico.

Kanada di Piala Dunia U-17 kali ini mengincar kemenangan perdana. Dari 21 pertandingan di turnamen ini, mereka hanya mampu meraih empat kali hasil imbang, mencetak 10 gol dan kebobolan 60 gol.



Jadwal pertandingan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 di Stadion Manahan

Sebanyak 14 laga bakal dimainkan di Stadion Manahan Solo. Selain sebagai tempat bertandinga babak penyisihan Grup B, Stadion Manahan menjadi venue untuk dua partai semifinal, perebutan tempat ketiga, dan pertandingan final.

Grup B: Spanyol, Mali, Uzbekistan, Kanada

Jumat, 10 November:

  • Mali vs Uzbekistan (Manahan/Pukul 16.00 WIB)
  • Spanyol vs Kanada (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Senin, 13 November:

  • Spanyol vs Mali (Manahan/Pukul 16.00 WIB)
  • Uzbekistan vs Kanada (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Kamis, 16 November:

  • Uzbekistan vs Spanyol (Stadion Manahan/Pukul 16.00 WIB)
  • Ekuador vs Panama (pertandingan terakhir Grup A, Pukul 19.00 WIB)

*Pertandingan terakhir Kanada vs Mali digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, pukul 16.00 WIB.

Babak 16 besar

Senin, 20 November 2023

  • Pukul 15.30 WIB  Runner-up Grup A vs Runner-up Grup C
  • Pukul 19.00 WIB Juara Grup B vs Peringkat Ketiga Grup A/C/D

Perempat final

Sabtu, 25 November:

  • W39 vs W42 (Manahan/Pukul 15.30 WIB)
  • W43 vs W41 (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Semifinal

Selasa, 28 November:

  • W46 vs W45 (Manahan/Pukul 15.30 WIB)
  • W47 vs W48 (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Posisi III dan Final

Jumat, 1 Desember:



  • Perebutan posisi 3 (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Sabtu, 2 Desember:

  • Final (Manahan/Pukul 19.00 WIB)

Itulah informasi tentang negara yang akan berlaga di Stadion Manahan Solo dan jadwal lengkap pertandingannya.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya