SOLOPOS.COM - Pengecekan Stadion Manahan, Solo itu untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengisyaratkan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia akan digelar di empat stadion, ini daftar stadion yang berpeluang akan dipilih.

Dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.orgKamis (3/8/2023), Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan pihaknya mengusulkan kepada FIFA Piala Dunia U-17 digelar di empat kota di Pulau Jawa.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Empat kota itu meliputi Jakarta (dua grup), Bandung (dua grup), Solo (satu grup), dan Surabaya (satu grup). Timnas U-17 Indonesia diusulkan bermain di Jakarta. Sementara, pertandingan babak semifinal dan final diusulkan digelar di Solo.

Atas usulan itu FIFA meminta ada fasilitas latihan yang mumpuni yakni Jakarta perlu ditambah dua lapangan latihan dan di Bandung ditambah satu lapangan latihan lagi.

Dengan asumsi FIFA menyetujui usulan PSSI tersebut, berarti daftar stadion yang akan dipakai juga berada di empat kota tempat pertandingan Piala Dunia U-17 digelar.

Terkait stadion mana saja yang bakal digunakan , Erick Thohir belum menyampaikannya lebih detail. Mantan Presiden Inter Milan itu hanya menyebut menurut FIFA, Piala Dunia U-17 nanti cukup menggunakan empat stadion.

“Ada delapan stadion yang diusulkan di mana enam di antaranya adalah yang sudah di-review yang sedianya untuk Piala Dunia U-20 lalu. Dari kesepakatan budget sepertinya mengerucut menjadi empat stadion sehingga ada satu kota dua grup. FIFA percaya empat stadion cukup,” ungkap Erick.

Dia menyebut FIFA sangat memperhatikan seluruh stadion, terutama pada kondisi rumput. Oleh karena itu, perawatan rumput harus ditingkatkan.

FIFA akan mengirim tim yang lebih besar lagi pada 15-26 Agustus 2023. Salah satu bagiannya adalah tim ahli rumput dari Australia.

Untuk menuntaskan seluruh persiapan tersebut, Erick yang juga Menteri BUMN itu akan berkomunikasi dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pemerintah daerah, dan Kemenpora.

“Malam ini, saya bertemu Menpora untuk membicarakan persiapan stadion tersebut sebelum 26 Agustus 2023, sebelum FIFA datang lagi,” ujarnya.

Berdasar usulan PSSI yang ingin Piala Dunia U-17 digelar di empat kota di Pulau Jawa, berarti ada daftar stadion yang pernah di-review FIFA yang bakal dicoret.

Sebelumnya, terdapat enam stadion yang sudah di-review FIFA di mana stadion itu sedianya dipakai untuk Piala Dunia U-20.

Enam stadion itu meliputi Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK (Jakarta).

Dengan demikian, stadion di Bali, Palembang, dan SUGBK bakal dicoret. SUGBK dicoret lantaran akan digunakan untuk pentas musik Coldplay pada November.

SUGBK kemungkinan besar akan diganti Jakarta International Stadium (JIS) yang segera dibenahi sesuai rekomendasi FIFA.

Itu berarti daftar stadion yang berpeluang dipilih untuk gelaran Piala Dunia U-17 meliputi Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan JIS (Jakarta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya