SOLOPOS.COM - Menpora Dito Ariotedjo membuka gelaran main event Piala Presiden Esports 2023 di Tennis Indoor Senayan, Sabtu (21/10/2023). (Istimewa/Panpel Piala Presiden Esports 2023)

Solopos.com, SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membuka rangkaian Main Event Piala Presiden Esports 2023 yang diselenggarakan di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (21/10/2023).

Dalam turnamen esports terbesar di Indonesia ini, Menpora meminta PB ESI terus menggali berbagai potensi anak muda di Indonesia.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 sebagai wadah mencari bibit dan talenta esports baru di Indonesia. Selain itu, Piala Presiden Esports juga menjadi wadah untuk pemain profesional mengembangkan diri mereka lewat game lokal.

“Piala Presiden Esports merupakan event pioneer yang dikembangkan oleh Pemerintah RI melalui Kantor Staf Presiden RI. Event ini sekaligus menjadi benchmark di liga utama tim esports Indonesia. Piala Presiden Esports juga berdampak pengembangan karier anak muda serta ekonomi kreatif melalui kemajuan industri gim lokal. Jadi bisa tercipta ekonomi baru dan menggali potensi generasi muda di Indonesia,” ujar Dito.

Konsistensi Piala Presiden Esports dalam melibatkan gim lokal di setiap edisinya juga disorot Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Piala Presiden Esports memiliki potensi sebagai wadah pengembangan karya anak bangsa dengan terus memberikan panggung bagi para pengembang gim asal Indonesia untuk memperlihatkan karyanya.

“Piala Presiden Esports 2023 adalah event yang menjadi barometer esports di Indonesia. Kejuaraan ini merupakan bagian dari event yang menggerakkan berbagai potensi, terutama dalam membuka peluang usaha, lapangan kerja dan prestasi esports Indonesia yang meningkat,” kata Sandiaga.

Piala Presiden Esports 2023 cetak sejarah

Deputi II Bidang Pengembangan Manusia Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, memberikan ucapan selamat bertanding para atlet yang lolos ke main event Piala Presiden Esports 2023.

“Kami dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia mengucapkan selamat bertanding kepada atlet yang berhasil lolos ke main event. Pemerintah akan senantiasa mendukung talenta generasi muda untuk mengembangkan minatnya,” ucap Abetnego Tarigan.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo memaparkan Piala Presiden Esports kembali mencetak sejarah baru. Salah satunya adalah kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women yang dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini.

Selain itu, gelaran edisi kelima ini juga menjadi kali pertama, jumlah gim lokal lebih banyak ketimbang gim mancanegara.

“Tahun ini Piala Presiden Esports kembali mencetak sejarah baru, yaitu mempertandingkan kompetisi MLBB Women untuk pertama kalinya. Hal ini menunjukkan bahwa kompetisi MLBB Women tidak boleh dipandang sebelah mata, apalagi timnas MLBB perempuan Indonesia juga sudah menyumbang medali emas di SEA Games 2023 yang lalu. Tidak hanya itu, Piala Presiden Esports juga menjadi salah satu bentuk dukungan terus mempertandingkan game lokal.”

Wakil Ketua Harian, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Kartikajaya, mengatakan Piala Presiden Esports sebagai salah satu tonggak penting peningkatan kompetensi dan perkembangan prestasi talenta-talenta esports terbaik tanah air secara nyata telah berkontribusi dalam menyokong pencapaian dan kemajuan prestasi esports Indonesia.

Kejuaraan ini menjadi salah kejuaraan esports utama dalam agenda kami, di mana pemenang kejuaraan prestisius ini akan masuk ke seleksi nasional menuju Pemusatan Latihan Nasional menjelang kejuaraan-kejuaraan penting antar negara.

Piala Presiden Esports 2023 bisa berjalan tentunya tidak lepas dari dukungan Samsung, yang secara konsisten mendukung turnamen ini dari tahun ke tahun.

“Samsung sudah mendukung Piala Presiden Esports sejak tahun 2020, karena kami ingin terus mendukung anak-anak muda buat mengembangkan passion mereka dalam esports. Melalui berbagai inovasi yang Samsung benamkan di Galaxy S Series maupun Galaxy A Series, menjadi bentuk komitmen kami buat turut berkontribusi dalam perkembangan esports di Indonesia,” kat Andi Airin, Head of Marketing MX Samsung Electronics Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya