SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Suasana di dalam Olympiastadion Berlin, Berlin, Jerman, Jumat (7/6/2024). Olympiastadion Berlin akan menjadi tuan rumah untuk enam pertandingan, yakni tiga laga di babak grup, satu pertandingan babak 16 besar, satu laga babak perempat final, dan laga final pada gelaran Euro 2024. (Antara Foto/Xinhua/Inaki Esnaola/rwa)

Solopos.com, LEIPZIG – Salah satu kandidat juara, Portugal akan menghadapi lawan yang tangguh, Ceko, di laga pembuka Grup F Euro 2024, di Red Bull Arena Leipzig Rabu (19/6/2024) pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan langsung di RCTI.

Sebagai salah satu unggulan di Euro 2024, Portugal berangkat dengan skuad yang berpengalaman. Beberapa di antaranya merupakan bagian dari skuad Portugal saat menjadi juara Euro 2016, seperti Rui Patricio (AS Roma), Pepe (Porto) dan Cristiano Ronaldo (Al Nassr). Selain itu, nama-nama lainnya juga berpengalaman membawa Portugal juara Nations League 2018 seperti Joao Cancelo (Barcelona), Ruben Neves (Al Hilal) hingga Bruno Fernandes (Manchester United).

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Jam terbang akan menjadi kunci bagi tim asuhan Roberto Martinez di Euro kali ini. Dengan rataan skuad berumur 27 tahun yang merupakan usia emas bagi pesepakbola, Portugal nampak serius untuk kembali menjadi juara Euro tahun ini. 

Secara permainan, Roberto Martinez yang menggantikan Fernando Santos awal tahun 2023, memiliki permainan yang sangat direct. Lini kreatif tidak akan begitu digunakan, aliran bola secepat mungkin ke lini depan akan menjadi kunci bagi Portugal dari laga ke laga. Hal yang pernah ditunjukkan Roberto Martinez saat melatih Belgia di Piala Dunia 2018. 

Bruno Fernandes, Joao Felix dan Diogo Jota akan memiliki tugas untuk mengalirkan bola kepada mesin gol andalan mereka, Cristiano Ronaldo. Sang mega bintang berusia 38 tahun ini, masih menunjukkan tajinya setelah mencetak brace di uji coba terakhir melawan Republik Irlandia.

Di belakang, Joao Cancelo dan Diogo Dalot akan menjadi dua fullback aktif yang punya kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Meski begitu, kehadiran keduanya bisa menjadi boomerang seperti yang ditunjukkan saat Portugal kalah dari Slovenia di laga uji coba.

Berkebalikan dengan Portugal, Ceko adalah negara dengan rataan skuad termuda di Euro 2024. Rata-rata umur pemain dari tim asuhan Ivan Hasek ini adalah 25 tahun. Meski begitu, kolektivitas yang jadi kekuatan Ceko juga tidak bisa dianggap remeh.

Tiga dari 26 pemain yang dibawa adalah tulang punggung Bayer Leverkusen saat menjadi juara Bundesliga musim ini. Mereka adalah Adam Hlozek, Patrik Schick dan Matej Kovar. Selain itu ada beberapa pemain berpengalaman seperti Vladimir Coufal, Tomas Soucek (West Ham United), Antonin Barak (Fiorentina), hingga Vaclav Cerny (VFL Wolfsburg).

Ivan Hasek dikenal sebagai pelatih bertangan dingin dan punya disiplin tinggi secara taktik. Lini tengah akan menjadi kunci bagi Hasek untuk bisa mencuri peluang saat melawan Portugal. Jika tidak waspada ataupun lengah saat transisi, maka Ceko akan menjadi mimpi buruk bagi Portugal di laga pembuka kali ini.

Perkiraan susunan pemain

Portugal (3-5-2)

Diogo Costa; Nelson Semedo, Pepe, Ruben Dias; Diogo Dalot, Joao Palhinha, Bruno Fernandes, Joao Felix, Joao Cancelo; Cristiano Ronaldo, Rafael Leao

Pelatih: Roberto Martinez

Ceko (3-1-4-2)

Jindrich Stanek; Tomas Holes, Robin Hranac, Ladislav Krejci; Tomas Soucek; Vladimir Coufal, David Doudera, Adam Hlozek, Lukas Provod; Patrik Schick, Jan Kuchta

Pelatih: Ivan Hasek

Head to head

Euro 2008 

(11/6/2008)

Ceko vs Portugal, 1-3

Euro 2012

(22/6/2012)

Portugal vs Ceko, 1-0

UEFA Nations League 2022

(10/6/2022)

Portugal vs Ceko, 2-0

UEFA Nations League 2022



(25/9/2022)

Ceko vs Portugal, 0-4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya