SOLOPOS.COM - Kiper Inter Milan, Andre Onana, yang diincar Manchester United. (Instagram/@andreonana.24).

Solopos.com, SOLO–Profil kiper Inter Milan Andre Onana yang diincar tim besar Premier League atau Liga Primer Inggris Manchester United (MU) untuk menggantikan David De Gea.

Kabar Andre Onana diincar Manchester United menyita perhatian bola mania Indonesia. Sebab, kisah perjalanan karier penjaga gawang yang saat ini membela Inter Milan itu memiliki hubungan dengan Indonesia meski tak secara langsung.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Andre Onana merupakan adik kandung Nnana Onana, pesepakbola Kamerun yang pernah memperkuat sejumlah klub di Indonesia.

Nnana Onana menyisihkan sebagian gajinya saat masih aktif bermain di klub-klub Indonesia untuk membiayai Andre Onana meniti karier menuju sepak bola profesional.

Nnana Onana tercatat pernah membela Persikad Depok, Persis Solo versi Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) pada 2013, dan PSPS Pekanbaru (sekarang PSPS Riau).

Lantas bagaimana perjalanan karier Andrea Onana? berikut profil Andre Onana yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber:

Kiper andalan timnas Kamerun kelalahiran 2 April 1996 itu memulai karier sepak bola dari akademi yang dikelola legenda timnas Kamerun yaitu Samuel Etoo pada 2006 silam hingga berusia 10 tahun.

Kemudian Onana di rekrut FC Barcelona untuk masuk ke dalam akaademi kenamaan mereka yaitu La Masia pada 2010.

Bersama La Masia, Andre Onana menjadi salah satu pemain muda potensial yang terus di beri kepercayaan dan terus mendapat tempat di tim U-16 dan U-19.

Profil Andre Onana, meski belum pernah mendapat debut di tim senior FC Barcelona, tetapi dia pernah satu tim dengan beberapa pemain hebat jebolan La Masia seperti Hector Bellerin, Marc Batra, Alex Grimaldo, Thiago Alcantara, dan Gerard Deufelou.

Kesulitan menembus tim inti Barcelona membuat raksasa Belanda Ajax Amsterdam tertarik untuk memakai jasanya dan langsung memboyongnya ke Belanda pada 2015.

Selama satu musim memperkuat tim lapis kedua Ajax, kiper berusia 27 tahun tersebut mampu tampil sebanyak 39 pertandingan di semua ajang.

Profil Andre Onana, berkat ketangguhannya mambaca serangan, akhirnya Onana mendapat panggilan tim senior Ajax dan melakukan debut pada 20 Agustus 2016.

Tujuh tahun memperkuat Ajax, dia berhasil menorehkan kesuksesan dengan mencatat sebanyak 214 pertandingan selama memperkuat tim asal Ibu Kota Belanda tersebut dan dua kali juara Piala Belanda.

Onana juga tergabung dalam skuad Ajax yang mampu menjadi runner up Liga Eropa UEFA pada musim 2016 /2017 lalu.

Profil Andre Onana, berbekal penampilan apik tersebut Onana menjadi salah satu kiper yang mampu menarik perhatian klub besar. Kemudian, Inter Milan resmi merekrut Onana dengan kontrak berdurasi 5 tahun.

Bersama Inter Milan, performa Andre Onana makin moncer, meski sempat mengalami kesulitan pada masa debutnya.

Total pada musim lalu Onana telah bermain sebayak 41 kali dengan catatkan 19 cleansheets di semua ajang. Andre Onana telah menjadi pemain penting bagi Inter setelah membantu Inter menjuarai Coppa Italia, Supercoppa Italia, dan menjadi runner up Liga Champions musim lalu.

Selain tangguh, Onana juga dikenal sebagai kiper dengan kemampuan passing yang mumpuni.

Tercatat selama musim 2022/2023 Onana mampu melepaskan 912 passing dengan tingkat akurasi yang lumayan tinggi yaitu 79.17 %. Onana pun sering menjadi pemain pertama yang membangun serangan dari belakang untuk Inter Milan.

Demikian profil Andre Onana, calon kiper Manchester United yang memiliki kakak yang pernah bermain di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya