SOLOPOS.COM - Pemain sepak bola muda Spanyol Gabri Veiga. (Instagram/gabriveiga).

Solopos.com, SOLO–Pemain muda berbakat Spanyol yang memperkuat Celta Vigo Gabri Veiga sedang menjadi sorotan lantaran memilih bergabung dengan klub Liga Arab Saudi Al Ahli daripada bergabung tim-tim besar Italia dan Inggris yang mengincarnya, berikut profilnya.

Masyarakat sepak bola dunia dikejutkan dengan kabar Gabri Veiga yang telah mencapai kesepakatan bergabung ke Al Ahli. Padahal, dia sebelumnya disebut sedang menjalin kesepakatan dengan kampiun Liga Italia Serie A Napoli. Selain itu dia sempat dikabarkan diincar Liverpool serta tim besar Inggris lainnya.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dengan Napoli, Gabri Veiga sedang dalam tahap pembicaraan kesepakatan kontrak. Kesepakatan dengan pihak klub sudah terjalin, tetapi Napoli memang belum mendapatkan tanda tangan pemain timnas U-21 Spanyol itu untuk memastikan kedatangannya di bursa transfer musim panas ini.

Al Ahli yang melihat kesempatan ini, terlebih profil Gabri Veiga juga bagus, kemudian membajaknya. Sang pemain pun dikabarkan juga lebih tertarik pindah ke Liga Arab Saudi dibandingkan menuju ke Liga Italia bersama Napoli.

Pakar transfer sekaligus jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, mengatakan Celta Vigo dan Gabri Veiga sama-sama telah menjalin kesepakatan terkait transfer ini.

“Gabri Veiga ke Al Ahli, ini dia! Tawaran diterima Celta, pemain pun menyetujui,” tulis Fabrizio Romano di akun Twitter miliknya, belum lama ini.

Menurut Fabrizio Romano, pelatih Al Ahli saat ini, Matthias Jaissle, dikabarkan menjadi sosok paling berperan dalam ketertarikan Gabriel Veiga ke Al Ahli. Klub Arab Saudi itu pun tertarik dengan profil Gabri Veiga selama bersama Celta Vigo.

Sementara itu, gelandang Real Madrid Toni Kroos, sempat menyindir keputusan ini dengan mengatakan keputusan Gabri Veiga sebagai hal yang memalukan.

“Memalukan,” tulis singkat Toni Kroos di Instagram menanggapi kepindahan Gabriel Veiga meski akhirnya komentar tersebut sudah ia hapus.

Namun, komentar Toni Kroos soal kepindahan Gabri Veiga sudah terlanjut tersebar luas, meski pemain asal Jerman itu telah menghapus unggahannya.

Sebelumnya Toni Kroos memang pernah mengatakan dalam podcastnya Einfach mal Luppen, bahwa dia memang tidak menyukai para pemain muda yang pindah ke Arab Saudi karena uang.

Berikut adalah profil Gabri Veiga berdasar informasi yang dihimpun dari Transfermarkt dan sumber lainnya.

Dia memiliki nama lengkap Gabriel Veiga Nova. Gabri lahir di Oporrino, 27 Mei 2002 berkebangsaan Spanyol. Pesepakbola 21 tahun dan berpostur 184 cm ini bermain di posisi gelandang.

Gabri Veiga melakoni debut di tim utama Celta Vigo pada Desember 2019 dalam laga Copa del Rey kontra Intercity. Kemudian, dia menjalani debut La Liga pada Januari 2020 dalam pertandingan menghadapi Sevilla.

Sejak saat itu Gabri Veiga menjadi pemain reguler di skuad Vigo menjadi gelandang andalan dan kadang diplot sebagai winger atau pemain sayap.

Gabri Veiga juga dipercaya untuk memperkuat timnas U-19 dan U-23 Spanyol. Secara teknis, dia memiliki kemampuan mumpuni sebagai gelandang tengah atau sebagai pemain sayap.

Selama di Celta Vigo, Gabri Veiga tampil 56 kali di semua kompetisi dengan menyarangkan 11 gol dan empat assists. Itulah profil Gabriel Veiga, pemain 21 tahun yang memilih bergabung dengan Al Ahli daripada dengan tim Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya